Mengenal Baju Adat yang Dipakai Jokowi, Ma'ruf Amin, dan Puan Maharani di Upacara HUT RI ke-76

- 17 Agustus 2021, 19:47 WIB
Presiden Jokowi beserta Wapres Ma'ruf Amin dan Ketua DPR Puan Maharani mengenakan baju adat pada Upacara HUT RI ke-76 di Istana Merdeka.
Presiden Jokowi beserta Wapres Ma'ruf Amin dan Ketua DPR Puan Maharani mengenakan baju adat pada Upacara HUT RI ke-76 di Istana Merdeka. /Dok. presidenri.go.id

BERITA DIY - Simak baju adat yang dipakai Jokowi, Ma'ruf Amin,dan Puan Maharani dalam Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI ke-76.

Setiap tahunnya, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat saat menghadiri Upacara HUT RI di Istana Merdeka. Sebelumnya, Presiden pernah memakai baju adat Aceh, Minangkabau, Sunda, Jawa, Sasak, Bali, Bugis, dan sebagainya.

Dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Prokalamasi HUT RI ke-76, Presiden Jokowi memilih baju adat Pepadun dari Provinsi Lampung yang Beliau kenakan.

Presiden Jokowi tampak mengenakan busana berwarna putih dibalut kain sarung dan selempang kombinasi merah dan emas.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat NTT di Upacara 17 Agustus 2020, Ini Maknanya

Perancang busana Didiet Maulana ikut bersuara tentang baju adat yang dikenakan oleh Presiden Jokowi hari ini, 17 Agustus 2021.

Melalui akun Twitternya @didietmaulana, dia berdiskusi tentang baju adat Pepadun bersama Ibu Riana Sari Arinal, Ketua Dekranasda Lampung.

Terdapat dua adat besar yang tersebar di Provinsi Lampung. Adat Pepadun mendiami wilayah daratan atau pegunungan, sedangkan Sai Batin cenderung bermukim di daerah yang lebih rendah, seperti pesisir dan pantai.

Adapun baju dan celana putih yang dipakai Jokowi dilambangkan sebagai warna tertinggi yang digunakan oleh Penyimbang (Pimpinan Adat) dalam acara adat di Lampung.

Baca Juga: 34 Pakaian Adat Indonesia Beserta Nama-namanya

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x