20 Daftar Nama Alat Musik Tradisional di Indonesia, Lengkap dengan: Cara Memainkan dan Menghasilkan Bunyi

- 16 Juli 2021, 15:45 WIB
ILUSTRASI: Daftar nama alat musik tradisional di Indonesia lengkap dengan asal daerah, cara memainkan, dan cara menghasilkan bunyi.
ILUSTRASI: Daftar nama alat musik tradisional di Indonesia lengkap dengan asal daerah, cara memainkan, dan cara menghasilkan bunyi. /PIXABAY/christopher1710

BERITA DIY – Berikut merupakan dua puluh (20) daftar nama alat musik tradisional di Indonesia lengkap dengan cara memainkan, menghasilkan bunyi, dan asal daerah.

Beragam suku, adat, budaya, dan bahasa di Indonesia membuat negeri ini memiliki keberagaman dalam banyak hal, termasuk sederet daftar nama alat musik tradisional yang memukau.

Tak hanya memiliki nama yang khas dengan asal daerah tersebut, alat musik tradisional ini juga memiliki cara memainkan dan menghasilkan bunyi yang sangat indah.

Baca Juga: Kunci Jawaban Ide Pokok dan Kalimat Pengembang, Buku Tema 1 Kelas 5 SD hal 17 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Selengkapnya, berikut daftar nama alat musik tradisional di Indonesia lengkap denga nasal daerah, cara memainkan, dan menghasilkan bunyi:

  1. Pa’ampong

Merupakan alat musik tradisional yang juga memiliki nama lain Pa’bas. Cara memainkan alat musik yang berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan ini yaitu ditiup.

Pa’ampong menghasilkan bunyi dari suara tiupan yang memiliki jangkauan nada hingga dua setengah oktaf.

  1. Ceng-ceng

Daerah asal alat musik tradisional ini yaitu Bali. Sering digunakan saat perayaan adat daerah, cara memainkan Ceng-ceng yaitu dipegang satu sama lain, kemudian saling dibenturkan hingga manghasilkan bunyi nyaring.

Baca Juga: Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD MI Halaman 3, Ide Pokok dan Kalimat Pengembang Paragraf 2-5

  1. Keso-keso

Alat musik tradisional ini memiliki dua komponen mirip dengan Biola. Cara memainkan alat musik yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan ini yaitu dengan digesek  sehingga menghasilkan bunyi dari suara gesekan tersebut.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x