Kondisi Geografis Kepulauan Maluku dan Pulau Papua, Luas hingga Batas Wilayah

- 30 Juli 2021, 06:00 WIB
Kepulauan Maluku dan Pulau Papua adalah wilayah yang terletak di bagian timur Indonesia.
Kepulauan Maluku dan Pulau Papua adalah wilayah yang terletak di bagian timur Indonesia. /Tangkapan layar: Google Maps

BERITA DIY - Simak kondisi geografis Kepulauan Maluku dan Pulau Papua beserta luas dan batas wilayah. Adapun kondisi geografis didefinisikan sebagai kondisi atau bentang dari suatu wilayah.

Lebih lanjut, kondisi geografis dapat dilihat dari berbagai macam aspek, seperti letak, relief, iklim dan cuaca, jenis tanah, sumberdaya, flora dan fauna, dan sebagainya.

Indonesia terdiri dari belasan ribu pulau. Ada yang berbentuk kepulauan dan pulau besar, seperti contohnya ujung timur Indonesia yang terdiri dari Kepualauan Maluku dan Pulau Papua.

Baca Juga: Kondisi Geografis Indonesia: Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua

Seperti yang diketahui, Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera. Kedua benua itu adalah Benua Asia dan Benua Australia. Sedangkan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia yang memiliki sebagian besar wilayah Indonesia.

Umumnya, kondisi geografis Indonesia ini menyebabkan sebagian besar wilayah memiliki iklim tropis dengan hutan hujan lebat yang lebat di beberapa pulau. 

Di sisi lain, Indonesia juga kaya dengan sumberdaya, bentangan alam, flora dan fauna yang tersebar di seluruh wilayah NKRI.

Baca Juga: Apa Itu HAM? Ini Penjelasan dan 5 Contoh Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia

Jika melihat peta Indonesia di bagian timur. Tentunya terdapat gugusan Kepulauan Maluku dah Pulau Papua yang besar, di mana berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Berikut ulasan kondisi geografis Kepulauan Maluku dan Pulau Papua.

Kepulauan Maluku

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x