Gempa Terkini Guncang Jember dan Sekitarnya, Apa Arti Skala MMI dan Beda dengan Skala Richter atau SR?

- 13 Desember 2021, 19:40 WIB
Simak info gempa bumi terkini beserta berbedaan Skala Richter (SR) dan Skala Mercalli atau MMI.
Simak info gempa bumi terkini beserta berbedaan Skala Richter (SR) dan Skala Mercalli atau MMI. /Twitter: @infoBMKG

BERITA DIY - Simak gempa terkini yang mengguncang Jember dan sekitarnya serta  penjelasan arti skala MMI dan bedanya dengan Skala Richter atau sering disingkat dengan SR.

Salah satu trending Google hari ini adalah "gempa terkini", sebab ada dua guncangan yang terekam pada Senin, 13 Desember 2021, yaitu berpusat di laut Bengkulu dan Jember, Jawa Timur.

Guncangan pertama terjadi di Bengkulu. Melansir informasi dari BMKG, gempa jam 05:36 WIB itu berpusat di 4.18 Lintang Selatan 101.22 Bujur Timur dengan kekuatan magnitudo 5 SR dan kedalaman 10 km.

Baca Juga: Lokasi Terdampak Gempa Hari Ini di Jember Jawa Timur dari BMKG Terkini, Apa Jogja dan Jawa Tengah Kena?

Sementara kekuatan berdasarkan Skala Mercalli terekam II MMI di Kota Bengkulu. Pusat gempa disekathui berada di jarak 123 kilometer barat daya dari Kota Bengkulu.

Sisi lain, gempa Jember terjadi pada jam 12:46 WIB dan terletak di titik 9.81 Lintang Selatan 113.67 Bujur Timur. Kekuatan magnitudo diketahui 5,3 Skala Richter (SR).

Guncangan dengan kedalaman 10 kilometer ini dirasakan di Kuta Bali dengan Skala III MMI. Sementara II MMI terekam di wilayah Bali lainnya seperti Kota Denpasar, Kuta Utara dan Karangasem serta wilayah Jawa Timur yaitu Pacitan, Trenggalek, dan Lumajang.

Informasi gempa terkini yang dirilis BMKG kerap memampilkan ukuran Skala Richter (SR) dan Skala Mercalli (Skala MMI). Lalu, apa perbedaan di antara keduanya? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: BMKG Ungkap Penyebab Gempa Jember Jawa Timur Terkini Hari Ini, Angkat Bicara soal Isu Potensi Tsunami

1. Skala Richter (SR)

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x