Hari Pahlawan Diperingati Setiap Tanggal Berapa di Bulan November? Libur Tanggal Merah atau Tidak?

- 9 November 2021, 15:28 WIB
 Simak sejarah Hari Pahlawan serta apakah 10 November 2021 adalah tanggal merah atau hari libur nasional atau tidak.
Simak sejarah Hari Pahlawan serta apakah 10 November 2021 adalah tanggal merah atau hari libur nasional atau tidak. /FREEPIK/Freepik

BERITA DIY - Simak Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal berapa di bulan November beserta momen tersebut masuk dalam tanggal merah atau hari libur nasional atau tidak.

Masyarakat Indonesia memiliki hari besar di bulan November ini, yaitu Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Adapun tahun 2021 peringatan telah mencapai tahun ke-76, di mana sama dengan HUT RI.

Ketetapan Hari Pahlawan setiap 10 November berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Libur. Amanat ini ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Baca Juga: 76 Link Twibbon Hari Pahlawan ke-76 Tanggal 10 November 2021, Download Gratis dan Pasang di Media Sosial

Awal mula atau sejarah Hari Pahlawan dipicu oleh tragedi berdarah tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Ketika itu, TNI dan rakyat Indonesia dari beragam latar belakang bersatu melawan pasukan Inggris yang menyerang Kota Pahlawan dan menjadi pertempuran pertama dengan pihak asing pasca kemerdekaan.

Sebenarnua bentrokan antara Indonesia dan Inggris mulai mereda menjelang akhir Oktober 1945, namun kembali memuncak setelah Brigadir Jenderal Mallaby yang merupakan Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur meninggal dunia pada 30 Oktober 1945.

Baca Juga: Alasan Mengapa 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan Nasional, Ini Sejarah Peringatannya

Penyebab kematian Jenderal yang masih simpang siur tersebut direspons lebih oleh pasukan Inggris dan ingin menggempur wilayah Surabaya.

Dikutip dari website semarangkota.go.id, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh sebagai pengganti Mallaby mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x