Sejarah Kemerdekaan Indonesia 2021: Kapan Diakui Belanda hingga Diproklamasikan Berarti Negara Lahir

- 16 Agustus 2021, 17:42 WIB
ILUSTRASI - Sejarah kemerdekaan Indonesia sebagai negara merdeka. yang diakui.
ILUSTRASI - Sejarah kemerdekaan Indonesia sebagai negara merdeka. yang diakui. /Pixabay/Jorono

BERITA DIY - Ketahui sejarah kemerdekaan Indonesia kapankah diakui sebagai negara yang merdeka yang telah diprokamasikan menjadi sebuah negara baru dan kapankah diakui oleh Belanda? Simak dalam artikel ini.

Sejarah kemerdekaan Indonesia setelah melakukan proklamasi yang dilakukan pada 17 Agustus 1945 masih mengalami banyak rintangan untuk diakui sebagai negara merdeka atau negara yang baru lahir.

Pengakuan dari negara lain adalah salah satu faktor yang membuat Indonesia masih harus berusaha untuk diakui sebagai negara yang telah memproklamasikan diri sebagai negara merdeka.

 Baca Juga: Isi Teks Naskah Proklamasi Kemerdekaan Asli, Sejarah Perumusan hingga Proses Pembacaan

Perlu diketahui sebelumnya bahwa syarat menjadi negara merdeka adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah, mempunyai struktur negara, dan juga mendapat pengakuan dari negara lain.

Pengakuan dari negara lain inilah yang kemudian masih terus diupayakan oleh Indonesia agar diakui sebagai negara yang baru saja memproklamasikan diri.

Pengakuan dari negara lain baru pada awal setelah memproklamasikan kemerdekaan, baru didapatkan Indonesia dari 3 negara yaitu Mesir, India, dan Australia. Meski demikian, Belanda yang merasa berdaulat masih belum mengakui kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Karya WR Supratman, Sambut Momen HUT RI ke -76 Tahun 2021

Belanda yang tidak mempercayai kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang berdaulat pun melancarkan serangan ke wilayah-wilayah di Indonesia atau sering disebut dengan agresi militer.

Setidaknya terjadi dua kali agresi militer yang dilakukan oleh Belanda dan dibantu oleh tentara sekutu guna melumpuhkan Indonesia sebagai negara yang baru saja memproklamasikan diri.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x