Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Karya WR Supratman, Sambut Momen HUT RI ke -76 Tahun 2021

- 16 Agustus 2021, 16:53 WIB
Simak lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza yang diciptakan oleh WR Supratman dalam menyambut HUT RI ke-76 tanggal 17 Agustus 2021.
Simak lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza yang diciptakan oleh WR Supratman dalam menyambut HUT RI ke-76 tanggal 17 Agustus 2021. /kebudayaan.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Simak lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza untuk menyambut momen Hari Kemerdekaan atau HUT RI ke-76 tahun 2021. 

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman atau WR Supratman. Saat ini, lagu tersebut dinyanyikan oleh bangsa Indonesia sebagai identitas Negara.

Lagu Indonesia Raya yang saat ini sering digaungkan hanya terdiri dari satu stanza. Tetapi, tak banyak yang tahu bahwa WR Supratman ternyata menciptakan versi tiga stanza.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Puisi Tema Perjuangan dan Indonesia yang Bikin Merinding untuk Sambut HUT RI ke-76

Sang pencipta lagu tak hanya sekadar menulis Indonesia Raya, namun setiap lriik tersemat makna doa dan harapan di dalamnya untuk Tanah Air tercinta.

Dikutip dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, Lagu Indonesia Raya versi tiga stanza pertama kali dinyanyikan tepat pada momen Sumpah Pemuda, yakni tanggal 28 Oktober 1928.

WR Supratman awalnya mencipatan lagu yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia ini, dengan judul Indonesia Merdeka, atau tidak ada kata "Raya" di belakangnya seperti yang kita kenal saat ini.

Baca Juga: Panduan Detail Warna CMYK dan RGB Logo HUT RI ke-76 Resmi dari Pemerintah, Link Download

Pada stanza pertama yang dikenal sekarang, terdapat lirik "Marilah kita berseru, Indonesia bersatu", memiliki makna dan harapan Indonesia untuk bersatu yang dahulu belum merdeka.

Lirik "Marilah kita mendoa, Indonesia bahagia" pada stanza kedua tersemat doa agar Indonesia menjadi negara yang selalu berbahagia.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x