WCD Jepara 2021 Pulihkan Ekosistem Pesisir Pantai Utara untuk Cegah Abrasi dan Lindungi Masyarakat Sekitar

- 26 Juli 2021, 19:31 WIB
World Clean Up Day atau WCD Jepara 2021 di Pantai Semat, Kabupaten Jepara digelar untuk cegah abrasi dan pulihkan ekosistem lingkungan.
World Clean Up Day atau WCD Jepara 2021 di Pantai Semat, Kabupaten Jepara digelar untuk cegah abrasi dan pulihkan ekosistem lingkungan. /Berita DIY/Fakhrudin/HO/Dirman

BERITA DIY - Sejumlah 30 aktivis lingkungan World Clean Up Day (WCD) kembali menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk mengembalikan ekosistem lingkungan di sekitar pesisir pantai utara Kabupaten Jepara.

Mereka melakukan aksi bersih-bersih sampah dan penanaman Pohon Magrove di Pantai Semat, Desa Semat, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada 25 Juli 2021.

Kegiatan ini diikuti dan didukung oleh berbagai elemen masyarakat seperti Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara, Pemerintah Desa Semat, Wapalhi Jepara, dan Jepara Green Generation.

Baca Juga: Aktivis Lingkungan Emmy Hafield Meninggal Dunia, Inilah Sederet Kiprahnya Sebagai Aktivis Lingkungan

Meskipun digelar di masa pandemi covid-19, WCD Jepara 2021 tetap terlaksana dengan maksimal tanpa mengesampingkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

WCD Jepara 2021 diharapkan mampu mempertahankan ekosistem pesisir pantai dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian masyarakat atas deforestasi mangrove di pesisir pantai yang bisa memicu abrasi dan membahayakan masyarakat di sekitar pantai.

Baca Juga: Ini Dia Jersey Kandang Terbaru Chelsea yang Dibuat dari Sampah Plastik, Begini Cara Belinya

Sehingga penanaman Pohon Mangrove dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Pohon-Pohon Mangrove berjenis Avicennia atau Api-Api ditanam di sepanjang pantai dengan rapi.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x