Profil dan Biodata Yeni Inka, Pedangdut Asal Blora yang Miliki Titel Ratu Ambyar Indonesia

- 16 Februari 2022, 11:49 WIB
Profil dan biodata Yeni Inka, pedangdut baru asal Blora, Jawa Tengah, yang mendapat julukan Ratu Ambyar Indonesia karena hobi nyanyikan lagu tentang patah hati.
Profil dan biodata Yeni Inka, pedangdut baru asal Blora, Jawa Tengah, yang mendapat julukan Ratu Ambyar Indonesia karena hobi nyanyikan lagu tentang patah hati. /Instagram.com/@yeniinka

BERITA DIY – Simak profil serta biodata pedangdut Yeni Inka, yang diberi julukan sebagai Ratu Ambyar Indonesia, karena selalu membawakan lagu bertema patah hati milik Didi Kempot.

Pedangdut Yeni Inka kini sedang naik daun di media seperti YouTube, dengan video menyanyinya yang ditonton hingga jutaan, seperti Top-Topan (7,8 juta views), Lintang Sewengi(1,1 juta views), Buih Jadi Permadani (13 juta views) dan Angel (65 juta views), yang melambungkan namanya menjadi pedangdut ternama di tanah air.

Penyanyi bernama lengkap Yeni Inka Novitasari atau yang lebih akrab dipanggil Yeni Inka, merupakan seorang pedangdut yang memiliki julukan Ratu Ambyar Indonesia.

Baca Juga: Profil dan Biodata Dorce Gamalama yang Meninggal Dunia Hari Ini: Perjalanan Karier, Karya, dan Instagram

Julukan ini disematkan pada dirinya karena saat merintis karier, Yeni kerap kali menyanyikan lagu-lagu ambyar milik Didi Kempot, sehingga YILO (Yeni Inka Lovers), basis penggemarnya, memberikan Yeni titel tersebut.

Penyanyi berumur 21 tahun ini, mengakui dalam video Youtube-nya meski dirinya tidak berprestasi di bidang akademik, Yeni saat muda memiliki bakat di bidang non akademik, seperti mendapat juara tiga lomba Tembang Campursari Akademika Music Festival 2013 saat SMP, serta dua kali menjadi anggota Paskibraka pada 2015 dan 2016 di jenjang SMA.

Yeni Inka mengawali kariernya sebagai penyanyi dangdut keliling dari berbagai panggung ke panggung. Saat awal kariernya, Yeni kerap mendapat kritikan berupa ketidakmampuannya untuk menyanyikan nada tinggi. Yeni menepisnya dengan berkata bahwa memang warna vokalnya yang menonjol ketika menyanyikan nada rendah.

Baca Juga: Profil Khalid Basalamah yang Viral Karena Pernyataannya Soal Wayang: Keluarga, Pendidikan hingga Bisnis

Kariernya menanjak ketika dirinya masuk ke dalam Orkes Melayu (OM) Adella, serta beberapa kali meng-cover lagu milik penyanyi lain di kanal Youtube pribadi maupun di label rekamannya. Dengan modal tersebut, Yeni Inka berhasil mendapatkan hingga puluhan juta views di Youtube dan dikenal sebagai pedangdut pendatang baru dengan vokal yang khas.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x