Cek Bansos PKH Maret 2024: Siapa Saja yang Berhak Menerima Bantuan Langsung Cair Rp 600 Ribu

- 2 Maret 2024, 16:26 WIB
Simak siapa saja yang berhak menerima bantuan PKH, syarat mendapatkan PKH dan BLT Mitigasi 2024, cek bansos PKH Maret 2024 kapan cair.
Simak siapa saja yang berhak menerima bantuan PKH, syarat mendapatkan PKH dan BLT Mitigasi 2024, cek bansos PKH Maret 2024 kapan cair. /Tangkap layar Cilacap Update

BERITA DIY - Pada bulan Maret 2024, pemerintah Indonesia kembali menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan. Salah satu bansos yang menjadi sorotan adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan.

Mengenal apa itu PKH

PKH merupakan program bantuan sosial yang digagas oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dan menghentikan siklus kemiskinan antar generasi.

Pada tahun 2024, target bansos PKH berencana menjangkau 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan anggaran total sebesar Rp28,7 triliun.

Baca Juga: Cek Bansos BPNT Bulan Maret April 2024 Pencairan Bantuan Uang Pemerintah Cair Tanggal Berapa?

Adapun besaran bantuan PKH 2024 untuk beberapa kategori adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil/nifas, anak usia 0-6 tahun: Rp3 juta per tahun
  • Lansia/penyandang disabilitas: Rp2,4 juta per tahun
  • Siswa SD/sederajat: Rp900 ribu per tahun
  • Siswa SMP/sederajat: Rp1,5 juta per tahun
  • Siswa SMA/sederajat: Rp2 juta per tahun.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan adalah program pemerintah yang memberikan bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu kepada masyarakat yang terdaftar dalam Daftar Terpadu Keluarga Sejahtera (DTKS) Kemensos.

Tujuan dari program BLT Mitigasi adalah untuk mengantisipasi lonjakan inflasi yang terjadi akibat pergeseran musim panen dan hari besar keagamaan. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan lebih baik.

Baca Juga: Tanda NIK KTP Terima Bantuan BPNT Dapat Uang dari Pemerintah, Cek Bansos 2024 di cekbansos.kemensos.go.id

Siapa saja yang berhak menerima PKH?

Untuk menerima bantuan PKH dan BLT Mitigasi Risiko Pangan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Berikut ini adalah beberapa kriteria tersebut:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x