Bansos 600 Ribu Apakah Sudah Cair? Cara Cek Bantuan BPNT Lewat HP Periode Januari-Maret 2024

- 29 Februari 2024, 16:11 WIB
Cara dapat bansos 600 ribu apakah sudah cair, cara cek bantuan BPNT lewat HP untuk periode Januari-Maret 2024. BLT BPNT kapan cair?
Cara dapat bansos 600 ribu apakah sudah cair, cara cek bantuan BPNT lewat HP untuk periode Januari-Maret 2024. BLT BPNT kapan cair? /Tangkap layar cekbansos.kemensos.go.id

BERITA DIY - Ketahui bansos 600 ribu apakah sudah cair, cara cek bantuan BPNT lewat HP untuk periode Januari-Maret 2024.

Pada permulaan tahun 2024, pemerintah Indonesia sekali lagi memberikan dukungan kepada keluarga yang menghadapi kesulitan ekonomi melalui program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Program BLT BPNT bertujuan untuk membantu mengurangi tingkat kemiskinan di negara Indonesia dengan memberikan bantuan langsung berupa uang tunai yang wajib dibelanjakan untuk bahan pangan.

Penyaluran BPNT kapan cair

Pemerintah telah mempercepat penyaluran BPNT, yang melibatkan transfer dana ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) melalui Bank Himbara (termasuk BRI, BSI, BNI, dan Mandiri).

Baca Juga: Jadwal BLT BPNT Tahap 2 Kapan Cair dan Tanggal Berapa? Cek 3 Tanda Penerima Bansos 2024

Saat ini, proses penyaluran BPNT sudah berada pada tahap standing instruction (SI), menandakan dana sedang dipindahkan dari pemerintah ke kartu KKS pemilik.

Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan. Untuk tahap pertama, yang mencakup bulan Januari hingga Maret, setiap KPM akan menerima total Rp600 ribu dalam satu kali penyaluran.

Penyaluran BPNT ini direncanakan berlangsung setiap bulan selama satu tahun penuh, meskipun jadwalnya mungkin bervariasi di berbagai daerah, tergantung pada kebijakan pemerintah daerah.

Syarat penerima BPNT 2024

Untuk memenuhi syarat sebagai penerima BPNT, seseorang harus merupakan Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x