Cara UMKM Dapat Saldo DANA Gratis Melalui Prakerja 2024 Tanpa Mengisi Eform BRI Pakai NIK KTP

- 5 Mei 2024, 20:00 WIB
Cara UMKM dapat saldo DANA gratis melalui Prakerja 2024 tanpa mengisi Eform BRI eform.bri.co.id pakai NIK KTP atau nomor eKTP.
Cara UMKM dapat saldo DANA gratis melalui Prakerja 2024 tanpa mengisi Eform BRI eform.bri.co.id pakai NIK KTP atau nomor eKTP. /BERITA DIY/IRSA ARDIA

BERITA DIY - Berikut cara UMKM dapat saldo DANA gratis melalui Prakerja 2024 tanpa mengisi Eform BRI eform.bri.co.id pakai NIK KTP atau nomor eKTP.

Pada tahun 2024, pemerintah Indonesia menginisiasi program bantuan finansial bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui skema Kartu Prakerja. Program ini menawarkan saldo DANA gratis sebesar Rp700 ribu untuk setiap penerima.

Eform BRI dan UMKM

Eform BRI adalah platform transaksi online yang dapat diakses oleh nasabah BRI dan non nasabah BRI. Sebelumnya, Eform BRI digunakan sebagai saluran penyaluran bantuan produktif usaha mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) untuk UMKM. Namun, pada tahun 2024, pemerintah menghentikan penyaluran bantuan modal usaha Banpres BPUM melalui Eform BRI.

Baca Juga: Ada Saldo DANA Gratis Rp 700 Ribu Dari Pemerintah, UMKM Daftarkan NIK KTP ke Sini! Bukan BPUM eform.bri.co.id

Skema Kartu Prakerja 2024

Skema Kartu Prakerja 2024 menawarkan saldo DANA gratis sebesar Rp700 ribu untuk setiap penerima. Saldo DANA gratis ini terdiri dari insentif pasca pelatihan sebanyak Rp600 ribu dan insentif survei sebesar Rp100 ribu. Selain itu, UMKM yang terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja 2024 juga akan mendapatkan dana untuk biaya pelatihan sebesar Rp3.5 juta.

Proses mendapatkan saldo DANA gratis

UMKM yang berminat menjadi penerima saldo DANA gratis dari pemerintah sebesar Rp700 ribu dapat mendaftar secara online di prakerja.go.id. Berikut adalah prosedurnya:

  • Membuat akun di prakerja.go.id (bagi yang belum memiliki akun)
  • Memasukkan email.
  • Memasukkan data KTP, Kartu Keluarga, nomor HP serta data diri lainnya untuk diverifikasi.
  • Mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  • Bergabung dengan gelombang yang sedang dibuka
  • Klik “Gabung Gelombang”.
  • Klik pernyataan persetujuan.
  • Mendapatkan konfirmasi telah bergabung pada gelombang yang sedang dibuka.

Baca Juga: Apakah Anda Termasuk UMKM Penerima 700 Ribu Saldo Dana Gratis dari Pemerintah? Cek Kesini Bukan Link BPUM BRI

Penutup

Program Kartu Prakerja 2024 membuka peluang besar bagi UMKM untuk mendapatkan saldo DANA gratis dari pemerintah. Dengan hanya menggunakan NIK KTP, UMKM dapat mendaftar dan mendapatkan bantuan ini tanpa harus mengisi Eform BRI. Program ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam menghadapi tantangan ekonomi dan memperluas usahanya.

Demikianlah cara UMKM dapat saldo DANA gratis melalui Prakerja 2024 tanpa mengisi Eform BRI eform.bri.co.id pakai NIK KTP atau nomor eKTP.***

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah