Jumlah Uang Bantuan BPNT 2024 per Orang dan Cara Mengambil BLT 400 Ribu di ATM BNI BRI

- 2 Februari 2024, 13:15 WIB
Ketahui jumlah uang bantuan BPNT 2024 per orang dan cara mengambil BLT 400 ribu Rupiah di ATM BNI BRI Mandiri atau BSI dan kantor pos.
Ketahui jumlah uang bantuan BPNT 2024 per orang dan cara mengambil BLT 400 ribu Rupiah di ATM BNI BRI Mandiri atau BSI dan kantor pos. /Tangkap layar Facebook.com/@indra.kusmawati.9

BERITA DIY - Berikut informasi jumlah uang bantuan BPNT 2024 per orang dan cara mengambil BLT 400 ribu Rupiah di ATM BNI BRI Mandiri atau BSI.

Salah satu bentuk bantuan sosial (bansos) 2024 yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu dan rentan adalah bantuan pangan non tunai (BPNT) atau bansos sembako.

Tujuan dari program BPNT 2024 adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan pangan keluarga penerima manfaat (KPM) dengan memberikan uang tunai yang dapat digunakan untuk membeli beras, telur, dan berbagai bahan sembako lainnya.

BPNT adalah salah satu program prioritas nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) bekerja sama dengan bank himbara (BRI, BNI, Mandiri, dan BSI) dan PT Pos Indonesia. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2017 dan terus meningkatkan kualitas dan jangkauannya setiap tahunnya.

Baca Juga: Bantuan BPNT Februari 2024 Dapat Uang BLT 400 Ribu Cair ke Rekening BRI BNI Asal Dapat Tanda Cek Bansos

Jumlah uang bantuan BPNT 2024 per orang

Pada tahun 2024, pemerintah berencana memberikan BPNT kepada sekitar 18 juta KPM. Setiap bulannya, setiap KPM akan menerima bantuan sebesar Rp 200.000. Namun, cara dan jadwal penyaluran bantuan BPNT ini akan berbeda-beda tergantung pada lokasi dan ketersediaan layanan perbankan atau pos di daerah masing-masing.

Secara umum, ada dua cara penyaluran uang bantuan BPNT. Pertama, melalui kartu keluarga sejahtera (KKS). Uang bantuan akan disalurkan setiap dua bulan sekali dengan jumlah Rp 400.000 per KPM. KPM bisa menarik uang bantuan tersebut di ATM bank BNI atau BRI yang ada di seluruh Indonesia.

Kedua, melalui kantor pos. Di sana, uang bantuan BPNT akan disalurkan setiap tiga bulan sekali dengan jumlah Rp 600.000 per KPM. KPM bisa menarik uang bantuan tersebut di kantor pos terdekat yang ditunjuk oleh Kemensos.

Dari informasi di atas, jumlah uang bantuan BPNT 2024 per orang ialah Rp 2,4 juta setiap tahun tanpa ada potongan apapun dari pihak manapun.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x