Cara Cek Pemilik Kartu KIS BPJS Kesehatan Aktif 2024 Dapat Uang Bantuan Pemerintah BLT 600 Ribu

- 31 Januari 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi. Bantuan BLT KIS BPJS Kesehatan ini disalurkan selama tiga bulan, mulai dari Januari hingga Maret 2024.
Ilustrasi. Bantuan BLT KIS BPJS Kesehatan ini disalurkan selama tiga bulan, mulai dari Januari hingga Maret 2024. /Tangkap layar bpjs-kesehatan.go.id

BERITA DIY - Info bansos 2024: Bagaimana cara cek pemilik kartu KIS BPJS Kesehatan yang aktif dan dapat uang bantuan pemerintah BLT 600 Ribu?

Bansos atau bantuan sosial adalah program dari pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat miskin yang disebut penerima manfaat (PM). Salah satu bentuk bansos yang diberikan adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600.000 bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan.

Tapi, gak semua orang yang punya KIS BPJS Kesehatan bisa dapet BLT 600 ribu. Cuma yang terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) dan punya kartu KIS yang aktif minimal enam bulan yang bisa dapet bantuan pemerintah ini.

Selain itu, penerima bansos 600 ribu juga harus tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos). Lalu, bagaimana cara mengecek apakah Anda termasuk dalam penerima BLT 600 ribu ini?

Baca Juga: Cara Cek KTP Terdaftar Bansos BPNT 2024 Dapat BLT 400 Ribu Uang Bantuan dari Pemerintah

Cara cek bansos 600 ribu cair Januari-Maret 2024

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui status Anda sebagai penerima BLT KIS BPJS Kesehatan 2024 atau tidak.

1. Melalui website cekbansos.kemensos.go.id

Anda dapat mengakses website cekbansos.kemensos.go.id untuk mengecek apakah Anda masuk dalam daftar penerima BLT KIS BPJS Kesehatan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan wilayah Anda mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa/kelurahan sesuai dengan alamat KTP Anda.
  • Masukkan nama lengkap Anda sesuai dengan KTP Anda.
  • Masukkan kode captcha yang muncul di layar.
  • Klik tombol "Cari Data" dan tunggu hasilnya.

Jika Anda termasuk dalam penerima BLT KIS BPJS Kesehatan, maka akan muncul informasi mengenai nama, alamat, dan status PBI-JK Anda.

Jika Anda tidak termasuk dalam penerima, maka akan muncul keterangan "Tidak Terdapat Peserta/PM".

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x