Maaf Meski Terdaftar di DTKS Kemensos, 8 KPM Ini Tidak Dapat BLT El Nino Rp400 Ribu, Ini Kriteria Penerima

- 21 Desember 2023, 11:45 WIB
Ilustrasi - Maaf meski terdaftar di DTKS Kemensos 8 KPM ini tidak dapat BLT El Nino Rp400 ribu yang cair Desember 2023, ini kriteria penerima bansos.
Ilustrasi - Maaf meski terdaftar di DTKS Kemensos 8 KPM ini tidak dapat BLT El Nino Rp400 ribu yang cair Desember 2023, ini kriteria penerima bansos. /Tangkap layar Instagram.com/@posindonesia.ig

BERITA DIY - Sudah dipastikan akhir tahun ini pemerintah tambah jenis bansos baru dalam upaya menanggulangi dampak kemarau panjang akibat fenomena El Nino yang melanda Indonesia.

Bantuan jenis baru ini disebut BLT El Nino yang akan cair ke 18,8 juta KPM. Nama-nama penerima sudah tercatat di DTKS Kemensos. Siapa saja? Anda bisa cek dengan ikuti cara berikut.

KPM harus penuhi kriteria agar bisa dapat bantuan uang tunai Rp400 ribu ini. Ada 8 jenis KPM yang terdaftar di DTKS Kemensos namun tidak akan dapat BLT El Nino.

Mengingat dana APBN yang disiapkan oleh Kemenkeu terbatas sementara jumlah orang yang membutuhkan sangat banyak, maka Kemensos harus menyeleksi KPM mana saja yang layak dapat bansos.

Baca Juga: Apa KPM PKH Dapat BLT EL Nino? Ini Cara Cek Penerima Bantuan Kemensos Rp400 Ribu Cair di Bank BRI BNI dan Pos

Ada jutaan masyarakat miskin yang ada di Indonesia dan membutuhkan bantuan, namun kali ini Kemensos akan lakukan seleksi ketat untuk menentukan nama-nama KPM yang akan ditransfer dana bantuan.

Kali ini penyaluran akan dilakukan dengan dibantu oleh Bank Himbara baik itu Bank BRI hingga BNI. Sebagian penerima juga akan cair lewat Kantor Pos, dan khusus KPM yang mengalami kendala bisa di antar langsung ke rumah.

Nominal bantuan yang didapatkan sama dengan BPNT, yakni Rp200 ribu per bulan. Namun BLt EL Nino hanya cair selama 2 bulan saja, yakni pada November dan Desember 2023.

KPM akan dapat Rp400 ribu karena bansos langsung dirapel untuk jatah 2 bulan. Jadwal cair dan tempat pengambilan akan diinformasikan oleh petugas di desa masing-masing setelah persiapan penyaluran selesai.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x