BLT El Nino Rp 400 Ribu RESMI SUDAH CAIR, Begini Cara Cek Online Status Penerima Lewat HP

- 15 Desember 2023, 16:30 WIB
Bantuan Langsung Tunai El Nino sudah mulai disalurkan Jokowi. Simak cara pengecekan status di sini.
Bantuan Langsung Tunai El Nino sudah mulai disalurkan Jokowi. Simak cara pengecekan status di sini. /Pixabay/Iqbal Nuril Anwar

BERITA DIY - Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino mulai disebarkan pada tanggal 13 Desember 2023 lalu. Penyaluran bantuan ini dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi. Di mana sang presiden didampingi Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Robben Rico di Kantor Pos Indonesia Kota Pekalongan Jawa Tengah. 

Bantuan ini diberikan oleh pemerintah yang bertujuan untuk mengantisipasi dampak El Nino di Indonesia. Langkah ini ditempuh pemerintah agar tetap menjaga daya beli masyarakat di tengah fenomena El Nino yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. 

Seperti yang kita tahu Kementrian Keuangan Indonesia (kemenkeu) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 7,52 triliun untuk para penerima BLT El Nino ini. Disebutkan bahwa nominal yang akan didapatkan adalah Rp 200 ribu/bulannya periode November - Desember 2023. 

Baca Juga: Selamat 18,8 Juta Pemilik KTP Bertanda Ini Dapat Uang 400 Ribu Desember 2023, Cek Penerima BLT El Nino di SINI

BLT El Nino ini disalurkan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). KPM ini yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan tercatat sebagai KPM bantuan program sembako / Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT), dan KPM bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang menerima program sembako atau BNPT. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa pemberian BLT El Nino ini akan dirapel menjadi Rp 400 ribu. Penyaluran BLT tersebut akan dilakukan dengan transfer tunggal; yang mana akan diterima oleh rekening penerima masing-masing BLT ini. Bantuan BLT El Nino ini akan mulai disalurkan bulan depan yakni pada Bulan Desember 2023.

BLT El Nino ini disalurkan melalui salah satu bank, yaitu Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia. Lewat bank Himbara ini, para KPM  bisa langsung menarik dana bantuan melalui ATM bank penyalur atau tetap bisa dilakukan dari kantor cabang penyalur. 

Baca Juga: Bantuan Rp400.000 Cair ke 18,8 Juta KPM, Ini Cara Cairkan BLT El Nino di Bank dan Kantor Pos

Para KPM juga bisa mengambil uang BLT El Nino tersebut lewat PT Pos Indonesia. KPM bisa mengambil bantuan tersebut lewat kantor pos ataupun tempat yang sudah ditentukan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x