Cek Penerima PIP April 2023 Lewat HP dan Cara Ajukan Bantuan PIP SD, SMP, dan SMA Tanpa KIP Kemdikbud di SINI

- 9 April 2023, 09:40 WIB
Ilustrasi - Nominasi pemberian PIP, cara cek penerima PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id, dan ajukan bantuan PIP SD, SMP, dan SMA tanpa KIP dengan KKS atau SKTM di sini.
Ilustrasi - Nominasi pemberian PIP, cara cek penerima PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id, dan ajukan bantuan PIP SD, SMP, dan SMA tanpa KIP dengan KKS atau SKTM di sini. /Instagram.com/@sobatpip
 
BERITA DIY - Berikut cara cek penerima PIP April 2023, dan ajukan bantuan PIP siswa SD, SMP, dan SMA tanpa KIP Kemdikbud di sini.
 
PIP 2023 sudah cair pada bulan April ini, lantas berikut cara cek nama penerima PIP lewat HP, dan mengajukan bantuan jika tak memiliki kartu KIP Kemdibud ada di sini.
 
Bantuan PIP 2023 sudah mulai digelontorkan kepada siswa sekolah SD, SMP, dan SMA sederajat pada April 2023 ini.

Lantas bagi pemegang kartu KIP yang sudah dinyatakan sebagai penerima PIP, bisa melakukan pengecekan daftar nama bantuan sekarang pakai cara yang ada di sini.
 
 
Siswa SD, SMP, dan SMA sederajat bisa cek penerima PIP yang cair April 2023 ini hanya dengan menggunakan NIK dan NISN siswa.

Cek penerima PIP 2023 bisa dengan mengakses laman resmi pip.kemdikbud.go.id lewat HP maupun PC.
 
Setelah itu nantinya, siswa yang terdaftar sebagai penerima PIP 2023, diharuskan untuk melakukan aktivasi rekening SimPel terlebih dahulu untuk proses pencairan.
 
Sementara proses aktivasi rekening dapat dilakukan lewat bank BRI untuk siswa SD dan SMP, sedangkan untuk siswa SMA sederajat bisa melalui bank BNI.

 
Proses aktivasi rekening PIP bisa dilakukan dengan datang langsung ke bank terkait, dengan membawa surat aktivasi rekening dari sekolah.
 
Namun bagi siswa yang namanya tidak tercantum sebagai penerima PIP, yang cair bulan April 2023 ini tidak perlu berkecil hati.

Kendati demikian siswa SD, SMP, dan SMA sederajat, tetap bisa mengajukan bantuan PIP 2023 walaupun belum memiliki kartu KIP Kemdikbud.
 
Siswa SD, SMP, dan SMA sederajat bisa menggunakan kartu KKS orang tua yang telah terdaftar di DTKS atau Data Terpadu Kesehahteraan Sosial.
 

Selain itu, siswa juga bisa mengajukan bantuan PIP 2023 meski tanpa KIP Kemdikbud, dengan meminta Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM dari kelurahan/desa.

Setelah mendapatkan SKTM dari kelurahan atau desa, siswa bisa mengajukan bantuan PIP 2023 walaupun belum memiliki kartu KIP Kemdikbud, dengan menghubungi pihak sekolah.
 
Namun siswa perlu memastikan bahwa data diri, tanggal lahir, dan alamat yang tercantum dalam SKTM telah sesuai dengan data pada NISN.

Lantas setelah itu data siswa SD, SMP, dan SMA sederajat tersebut akan diajukan sebagai calon penerima PIP 2023 oleh pihak sekolah.
 
 
Cara Cek Penerima PIP 2023
 
1. Buka laman resmi pip.kemdikbud.go.id
2. Klik tombol Cari Penerima PIP
3. Ketikkan data NIK dan NISN
4. Isi hasil penjumlahan yang tersedia pada kolom
5. Klik Cari 
6. Data imformasi mengenai penerima akan muncul

 
Cara Ajukan PIP 2023
 
1. Daftar menggunakan KKS atau SKTM
 
2. Orang tua siswa meminta SKTM ke kelurahan/desa
 
3. Pastikan data siswa telah sesuai dengan NISN
 
4. Ajukan pada pihak sekolah untuk didaftarkan sebagai calon penerima PIP
 
Demikianlah cara cek penerima PIP April 2023, dan ajukan bantuan PIP siswa SD, SMP, dan SMA jika belum punya KIP Kemdikbud di sini.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah