Kapan Waktu Wajib Bayar Zakat Fitrah Sebelum Lebaran Idul Fitri: Tata Cara dan Jumlah yang Dibayarkan

- 30 April 2022, 10:00 WIB
ILUSTRASI - Penjelasan waktu hukum wajib, tata cara, dan jumlah uang dan beras Zakat Fitrah.
ILUSTRASI - Penjelasan waktu hukum wajib, tata cara, dan jumlah uang dan beras Zakat Fitrah. /PIXABAY/allybally4b

BERITA DIY - Penjelasan kapan waktu hukum wajib bayar Zakat Fitrah beserta dengan tata cara dan jumlah yang harus dibayarkan baik beras maupun dalam bentuk uang.

Sebelum mengakhiri bulan suci Ramadhan dan memasuki Hari Raya Idul Fitri terdapat salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat Islam yaitu dengan melakukan bayar Zakat Fitrah.

Mengutip dari baznaskotabandung.org, diketahui bahwa Zakat Fitrah sendiri adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan hingga menjelang salat Idul Fitri.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga Teks Arab, Latin, Artinya Serta Doa Penerima Zakat Fitrah

Sehingga dengan demikian diketahui bahwa perbedaan Zakat Fitrah dengan ibadah Zakat yang lain adalah terkait dengan waktu pelaksanaan atau pembayarannya yang telah diatur.

Terkait dengan hukum sesuai dengan waktu bayar Zakat Fitrah sendiri terbagi dari beberapa hukum yang nantinya bersamaan dengan jadwal yang harus dibayarkan tersebut.

Mengenai hukum sesuai dengan waktu bayar Zakat Fitrah ini sendiri diketahui terdapat beberapa hukum yaitu seperti hukum boleh, waktu wajib, waktu dianjurkan, makruh, dan haram.

Baca Juga: Kumpulan Bacaan Niat Zakat Fitrah atau Ijab Qabul Tulisan Arab, Latin dan Arti Indonesia, untuk Istri dll

Waktu Wajib Bayar Zakat Fitrah

Lebih lanjut mengenai kapan waktu sesuai dengan hukum tersebut mengenai kapan hukum waktu wajib untuk bayar Zakat Fitrah yaitu diberlakukan pada saat matahari terakhir Ramadhan tenggelam hingga menuju Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x