PKH Tahap 1 Cair Januari untuk Ibu Hamil dan Balita Rp3 Juta, Cek di Link cekbansos.kemensos.go.id

- 3 Januari 2022, 10:33 WIB
ILUSTRASI - PKH tahap 1 cair Januari 2022 untuk ibu hamil, anak balita, dan lima golongan penerima lainnya.
ILUSTRASI - PKH tahap 1 cair Januari 2022 untuk ibu hamil, anak balita, dan lima golongan penerima lainnya. /PIXABAY/tasha

BERITA DIY - Simak info PKH tahap 1 yang cair bulan Januari untuk ibu hamil dan balita dengan total bantuan Rp3 juta per tahun beserta golongan lainnya.

Para calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos PKH bisa memantau status lolos penerima di link yang disediakan oleh Kemensos, yaitu cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah memberikan 10 juta KPM bansos PKH untuk tahun 2022 ini yang menjadi bagian program Pemulihan EKonomi Nasional (PEN) pada pos perlindungan sosial (perlinsos).

Baca Juga: Kapan Jadwal PKH Tahap 1 2022 Cair? Simak 2 Cara Cek Bansos Ini Beserta Besaran Bantuan

Program PKH sendiri adalah bansos reguler yang diberikan oleh Kemensos empat kali dalam satu tahun, di mana tujuannya adalah untuk pengentasan kemiskinan pada keluarga yang sulit secara finansial.

Selain harus fakir miskin, ada tujuh kriteria yang boleh menerima PKH: ibu hamil, anak balita 0-6 tahun, pelajar SD, pelajar SMP, pelajar SMA, penyandnag disabilitas, dan kelompok lanjut usia (lansia).

Berbeda dengan bantuan lain yang diberikan sama setiap penerima, PKH memiliki perbedaan jumlah rupiah kepada masing-masing golongan, berikut rinciannya:

Baca Juga: Daftar Bantuan yang Cair Tahun 2022 Lengkap dengan Kuota: Ada Kartu Prakerja, PKH, Kartu Sembako, dll

- Kelompok ibu hamil berhak mendapat PKH Rp750 ribu per tahap atau Rp3 juta satu tahun

- Kelompok anak balita 0-6 tahun berhak mendapat PKH Rp750 ribu per tahap atau Rp3 juta satu tahun

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x