UMKM Bisa Dapat Rp3,55 Juta Lewat Bantuan Ini Jika Gagal Lolos BPUM, Simak Link dan Cara Daftar di Sini

- 8 November 2021, 10:06 WIB
ILUSTRASI - Simak link dan cara daftar Kartu Prakerja bagi pelaku UMKM yang gagal dapat BPUM.
ILUSTRASI - Simak link dan cara daftar Kartu Prakerja bagi pelaku UMKM yang gagal dapat BPUM. /Dok. BRI

BERITA DIY - Kuota BPUM dikabarkan tak lagi ditambah di tahun 2021 ini. Banyak pelaku usaha yang masih mengharapkan bantuan dengan nama lain BLT UMKM tersebut karena gagal lolos hingga tahap 3.

Jangan khawatir, kini UMKM bisa dapat uang non-tunai dengan total Rp3,55 juta melalui program Kartu Prakerja jika masyarakat tak dapat Banpres BPUM. Simak link dan cara daftar di artikel ini.

Kemenkop UKM menyalurkan BPUM kepada 12,8 juta UMKM selama tahun 2021 dengan rincian 9,8 juta orang di awal tahun dan 3 juta penerima baru usai pemberlakuan PPKM bulan Juli, Agustus, dan September.

Baca Juga: Selamat BLT UMKM Cair Lagi ke Orang dengan 5 Kriteria Ini, Cek Banpres BPUM BRI - BNI di Sini pakai KTP

Setiap penerima BPUM masing-masing mendapat uang Rp1,2 juta yang bisa dicairkan melalui dua Bank BRI dan Bank BNI yang ditunjuk oleh Kemenkop UKM.

Jika pelaku usaha tak dapat SMS yang menyatakan sebagai penerima BPUM atau telah mencoba cek di link eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id namun ternyata tak lolos BLT UMKM, maka para pedagang bisa mencoba daftar progran Kartu Prakerja.

Sebab, Kartu Prakerja saat ini diutamakan untuk beberapa golongan, salah satunya pedagang mikro dan kecil. Bagi yang belum mengetahui, program ini merupakan bantuan semi bansos dalam bentuk pelatihan online dan uang non-tunai.

Baca Juga: KLIK Link Ini Agar Dapat Bantuan BLT UMKM, Tak Terdaftar di Eform BRI - BNI Bisa Dapat BPUM Tahap 3 November

Dengan demikian, seluruh proses seleksi dari mulai pendaftaran hingga mendapat uang non-tunai dilakukan secara online. Calon pendaftar hanya perlu modal KTP, KK, dan HP.

Simak alur pendaftaran Kartu Prakerja yang bisa diikuti oleh UMKM

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x