BLT Subsidi Gaji Cair November 2021? Cakupan Wilayah Diperluas, Simak Link Cek Penerima untuk Dapat BSU

- 3 November 2021, 17:30 WIB
Simak jadwal dan cara cek status penerima BLT Subsidi Gaji Tahap 5.
Simak jadwal dan cara cek status penerima BLT Subsidi Gaji Tahap 5. /Tangkap Layar: bsu.kemnaker.go.id

BERITA DIY - Kemenaker memutuskan memperluas cakupan penyaluran dan pencairan BLT Subsidi Gaji pada November 2021. Berikut link cek status penerima BSU selengkapnya.

Hal ini didukung oleh keputusan Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang menyetujui perluasan cakupan penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang kini dapat diberikan kepada pekerja di luar wilayah PPKM Level 3 dan 4 sehingga cakupan wilayah penerima BSU diperluas. 

BLT Subsidi Gaji Tahap 5 diketahui akan kembali dilakukan penyaluran atau cair kepada sejumlah pekerja atau karyawan. Proses penyaluran tersebut rencananya akan kembali dilakukan pada November 2021.

Hal ini pun lantas dilakukan penyesuaian dilakukan terhadap Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan COVID-19 dan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 tentang perubahan atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020.

Baca Juga: Info Terbaru BLT Subsidi Gaji 2021, Cek Penerima BSU via Login Kemnaker.go.id atau BPJS Ketenagakerjaan

"Dalam arahannya Menaker Ida Fauziyah berharap proses harmonisasi ini dapat segera selesai dan tuntas sehingga program BSU ini dapat kita lanjutkan dengan payung hukum perubahan kedua Permenaker 14 Tahun 2020 ini," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi dilansir dari ANTARA.

Anwar menjelaskan terkait substansi dari perubahan dalam rancangan Permenaker, antara lain penghapusan ketentuan Pasal 3 ayat 2 huruf d Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 yang mengatur persyaratan mendapatkan BSU bagi pekerja yang berada di wilayah PPKM Level 3 dan 4.

Dimana terdapat penambahan kabupaten/kota dari dua menjadi tiga kabupaten/kota dalam provinsi Kepulauan Riau, yaitu Kabupaten Kepulauan Anambas.

Baca Juga: Kemnaker Bocorkan BSU Kapan Cair di November, Tak Usah Login Link BPJS - BLT Subsidi Gaji bsu.kemnaker.go.id

Dana yang diperoleh dari BLT Subsidi Gaji sendiri senilai Rp 1 juta yang akan di transfer langsung kepada penerima yang memiliki rekening Himbara seperti BRI, BNI, BTN, dan Mandiri serta BSI untuk wilayah Aceh.

Sementara, pekerja yang tidak memiliki rekening tersebut masih bisa mengambil hak nya dengan melakukan pembuatan rekening secara kolektif.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x