Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20? Begini Cara Dapat KUR Super Mikro hingga Rp 10 Juta

- 13 September 2021, 10:10 WIB
ILUSTRASI - Bantuan kredit usaha rakyat (KUR) Super Mikro ini dikhususkan untuk alumni Kartu Prakerja sebagai modal usaha.
ILUSTRASI - Bantuan kredit usaha rakyat (KUR) Super Mikro ini dikhususkan untuk alumni Kartu Prakerja sebagai modal usaha. /ANTARA FOTO/Zabur Karuru

BERITA DIY - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 20 telah ditutup pada Minggu, 12 September 2021. Jika Anda dihubungi melalui SMS atau notifikasi dashboard di akun daftar prakerja.go.id, Anda bisa dapat dana KUR Super Mikro Rp 10 juta.

Bagaimana caranya? Bantuan kredit usaha rakyat (KUR) Super Mikro ini dikhususkan untuk alumni Kartu Prakerja sebagai modal usaha.

KUR Super Mikro ini akan punya suku bunga rendah, hanya 3 persen sebagai modal awal atau pengembangan UMKM yang telah ada. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan kunjungan kerja ke Papua Barat.

Baca Juga: Gagal Lolos BLT BSU atau Kartu Prakerja? Ini Cara Cek NIK KTP Online untuk Ketahui Dapat Bantuan Apa

"Selain program Kartu Prakerja, pemerintah juga menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM dengan bunga 3 persen. Jadi bagi para alumni program Kartu Prakerja bisa memanfaatkan KUR ini untuk ini mengembangkan usahanya," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Minggu 5 September 2021.

Namun, untuk memulainya, peserta lolos Kartu Prakerja mesti mengikuti tahapan pelatihan yang sudah diberikan oleh layanan Kartu Prakerja gelombang 20.

Semisal mengikuti pelatihan awal atau pertama untuk mendapat bantuan insentif senilai Rp600.000 untuk empat bulan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kartu Prakerja Gelombang 20 Pelatihan Pertama, Agar Insentif Rp2,4 Juta Tidak Hangus

Diketahui, awalnya penerima KUR Super Mikro adalah pekerja terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau ibu rumah tangga yang melakukan usaha, seperti yang tertuang di dalam Permenko 15/2020.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x