BLT Subsidi Gaji Tahap 3 Segera Cair, Berikut 9 Cara Cek Penerima BSU Ketenagakerjaan Rp 1 Juta

- 26 Agustus 2021, 18:49 WIB
ILUSTRASI - BSU 1 Juta untuk para pekerja dan buruh tahap 3 segera cair.
ILUSTRASI - BSU 1 Juta untuk para pekerja dan buruh tahap 3 segera cair. /PIXABAY/kreatikar

BERITA DIY - Siap-siap! BLT Subsidi Gaji Tahap 3 segera cair kepada sejumlah pekerja dan buruh. Berikut cara cek namamu dilaman resmi Kemnaker atau BPJS Ketenagakerjaan.

BSU untuk para pekerja dan buruh senilai Rp 1 juta ini sengaja diberikan dalam beberapa tahap. Bantuan ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh dalam penanganan dampak Covid-19.

Dilansir dari Kemnaker.go.id, penyaluran bantuan subsidi tahun ini diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp 500 ribu per bulan selama dua bulan, yang akan diberikan sekaligus sebesar Rp 1 juta.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Cair ke 8,7 Juta Pekerja, Segera Cek Penerima BSU Melalui Link Resmi Kemnaker

Syarat untuk menjadi penerima BLT Subsidi Gaji di antaranya:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK
  • Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021
  • Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Sebagai contoh: Upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp 4.798.312 dibulatkan menjadi Rp 4.800.000
  • Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah
  • Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK)

Acuan data penerima BSU merupakan data yang berasal dari BPJS Ketenagakerjaan yang telah dipadankan oleh Kemnaker. Sebanyak 3,75 juta data pekerja atau buruh telah diterima oleh Kemnaker dan akan segera diproses.

Update data hingga 26 Agustus 2021, BSU baru cair kepada 2,1 juta penerima. Bantuan dapat dicairkan melalui Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara seperti BNI, BRI, BTN, Mandiri, dan BSI (khusus provinsi Aceh).

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Tahap 3 Segera Cair! Bocoran Kapan Cair dan Cek Penerima BSU di Link BPJS Ketenagakerjaan

Calon penerima yang ingin melakukan pengecekan namanya hanya membutuhkan KTP dan HP atau perangkat yang terhubung dengan internet untuk melakukan tahapan-tahapan berikut ini.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x