Cek Syarat Lengkap BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta , BSU Tak Hanya untuk Karyawan Gaji di Bawah Rp3,5 Juta

- 29 Juli 2021, 12:40 WIB
BSU Subsidi Gaji Rp1 juta akan cair kepada delapan juta penerima di wilayah PPKM Level 4.
BSU Subsidi Gaji Rp1 juta akan cair kepada delapan juta penerima di wilayah PPKM Level 4. /Tangkap layar Instagram.com/ @kemnaker

BERITA DIY - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengumumkan akan menggelontorkan dana untuk program BLT Subsidi Gaji Rp1 juta. Adapun syarat lengkap yang diumumkan oleh Kemnaker bisa Anda pantau di sini.

Adapun bantuan BLT Subsidi Gaji atau BSU Rp1 juta ditargetkan kepada delapan juta penerima yang wilayahnya terdampak pemberlakuan PPKM Level 4. Syarat lainnya adalah batas ambang gaji pekerja atau karyawan di bawah Rp3,5 juta.

Kendati demikian, dalam kasus pekerja dengan gaji di atas Rp3,5 juta namun wilayahnya terdampak PPKM Level 4, maka ketentuan dilihat dari UMK wilayah. Hal itu disampaikan sendiri oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Baca Juga: BSU Subsidi Gaji Hanya Untuk Karyawan Aktif BPJS Ketenagakerjaan, Cek Status di Link Ini dan Syarat Terbarunya

"Dalam hal pekerja bekerja di wilayah PPKM (Level 4) yang UMKnya di atas Rp3,5 juta maka menggunakan UMK sebagai batasan kriteria upah," kata Menaker Ida Fauziyah, dikutip dari laman kemnaker.go.id pada Rabu, 21 Juli 2021. 

Sebagai contoh, jika Anda adalah karyawan yang bekerja di wilayah industri seperti Karawang dan mendapat gaji UMK Rp4,7 juta, di mana lebih dari Rp3,5 juta, maka Anda tetap berhak mendapat BLT Subsidi Gajai Rp1 juta. Hal itu mengingat Kabupaten Karawang masuk dalam zona PPKM Level 4 (Inmendagri Nomor 22 Tahun 2021).

Menaker Ida menambahkan bahwa tujuan diberikannya BLT Subsidi Gaji kepada delapan juta penerima ini tak lain adalah sebagai salah satu upaya pemerintah membantu karyawan yang terdampak Covid-19.

Baca Juga: Tiga Hari Lagi! Cara Aktivasi Rekening BSU Upah Guru Honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id, Tutup 31 Juli 2021

Secara tidak langsung, BLT Subsidi Gaji Rp1 juta ini juga diharapkan mampu menyelamatkan pemilik usaha yang sektornya mengalami penurunan pendapatan selama pandemi, sehingga menghindari melakukan PHK kepada pekerja.

7 syarat penerima BLT Subsidi Gaji atau BSU Rp1 juta Kemnaker

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah