BLT UMKM Tahap 2 Sebesar Rp 1,2 Juta Akan Segera Cair, Berikut Syarat dan Cara Cek Online Penerima Bantuan

- 2 Juli 2021, 12:58 WIB
Ilustrasi - Bantuan BLT UMKM tahap 2 sebesar Rp1,2 juta akan segera cair.
Ilustrasi - Bantuan BLT UMKM tahap 2 sebesar Rp1,2 juta akan segera cair. /Tangkapan layar dari Instagram/kemenkopukm

BERITA DIY - Beberapa tahap harus dilakukan bagi calon penerima BLT UMKM 2021. Informasi dibawah ini menyajikan persyaratan, tata cara mendaftar, dan tautan atau link untuk melihat penerima BLT UMKM Banpres BPUM.

Pandemi corona yang terjadi sejak tahun 2020 ini berdampak pada sektor perekonomian. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia memiliki inisiatif untuk membantu pelaku UMKM melalui distribusi Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Menteri Keuangan (Kemenkeu) masih dalam proses peresmian anggaran untuk menyalurkan BLT UMKM tahap 2, berdasarkan keterangan Kemenkop UKM. Sementara itu, hingga kemarin , proses penyaluran BPUM tahap 1 dan tahap 2 dilaporkan masih dalam proses distribusi. 

Baca Juga: BLT UMKM 2021 Tak Bisa Diakses! Ini Cara Lapor jika BPUM BRI Tak Cair Meski Ada di eform.bri.co.id/bpum

Selain itu, bank penyalur seperti BNI dan BRI juga belum memastikan waktu distribusi BPUM tahap 3. Hal demikian dikonfirmasi oleh akun resmi Instagram @kemenkopukm. Kemenkop UKM hati-hati terhadap isu yang beredar tentang pencairan BPUM tahap 3.

Adapun Eddy Satria yang menjabat sebagai Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kemenkop UKM menerangkan beberapa hal. Dia mengaku Kemenkop sedang dalam proses pendistribusian BPUM atau BLT UMKM, di mana setiap penerima akan mendapat Rp1,2 juta. Target penerima akan bertambah 3 juta orang. 

“InsyaAllah, ini kita sedang proses DIPA untuk tambahan 3 juta penerima lagi. Jadi bantuan Rp1,2 juta untuk masing-masing penerima, jadi totalnya Rp 3,6 triliun,” jelas Eddy dalam Update Penyerapaan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kuartal II secara virtual, Rabu 30 Juni 2021.

Baca Juga: Cek Link 5 Bantuan yang Cair di Bulan Juli 2021: Ada BST, PKH, hingga BLT UMKM Banpres BPUM Tahap 2

Sebagai informasi, anggaran dana BPUM atau BLT UMKM Rp1,2 juta termasuk dalam kluster dukungan terhadap UMKM dan korporasi pada anggaran program PEN 2021, dengan total pagu terbesar yaitu Rp 193,74 triliun.

Syarat penerima bantuan BLT UMKM 2021

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x