Cara Dapat Bansos Sembako BPNT sebesar Rp200 Ribu Cair, Cek Penerima di Link dtks.kemensos.go.id

- 7 Januari 2021, 10:57 WIB
BPNT
BPNT /Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY – Anggaran sebesar Rp110 triliun dialokasikan oleh Pemerintah untuk melanjutkan program bantuan sosial yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Presiden Joko Widodo juga telah menekankan bahwa bantuan tersebut harus digunkan untuk berbelanja kebutuhan pokok seperti sembako dan bukan malah digunakan untuk membeli sembako. Bantuan ini diharapkan mampu membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini melalui siaran persnya mengungkapkan bahwa sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akanmendapatkan bantuan sembako atau BPNT dengan anggaran sebesar Ro45.12 trilliun.

Baca Juga: Token Listrik Gratis Bisa Diklaim Hari Ini, Berikut Cara Klaim Bulan Januari 2021 di www.pln.co.id

Bantuan ini akan disalurkan setiap bulan mulai bulan Januari ini hingga desember 2021. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan.  

Bantuan Sembako atau BPNT ini akan diserahkan dalam bentuk bantuan pangan non tunai yang dapat dibelanjakan bahan pangan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sumber vitamin dan mineral di e-warung setempat.

Masyarakat melihat daftar penerima bansos Sembako BNPT ini melalui link https:// dtks.kemensoso.go.id dengan menggunakan KTP. Berikut cara cek daftar penerima Bansos Sembako BPNT:

Baca Juga: Token Listrik Gratis Mulai 7 Januari! Ini Cara Klaim Diskon dari PLN: Klik Web, WA atau Aplikasi

  • Buka link https://kemensos.go.id/.
  • Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Agar mudah, pilih NIK.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.
  • Klik kata 'cari' lalu akan muncul data apakah kamu penerima bantuan  sosial bansos sembako BPNT.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji 2021 Kapan Cair? Ini Jadwal BSU BPJS Ketenagakerjaan Ditransfer ke Karyawan

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah