Cek Link dtks.kemensos.go.id untuk Tahu Penerima Bansos Sembako BPNT sebesar Rp200 Ribu

- 5 Januari 2021, 12:10 WIB
Login dtks.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bansos BPNT Rp200 ribu
Login dtks.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bansos BPNT Rp200 ribu /Tangkapan Layar dtks.kemensos.go.id

BERITA DIY - Pemerintah kembali melanjutkan program bantuan tunai untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19 dan mendorong pergerakan perekonomian. Terdapat tiga jenis bantuan yang resmi diluncurkan oleh Presiden, Joko Widodo pada Senin, 4 Januari 2021 kemarin.

Tiga bantuan tersebut adalah bantuan tunai Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai dan Bantuan Sosial Tunai. Total alokasi anggaran yang disiapkan adalah sebesar Rp110 triliun.

Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sendiri ditargetkan akan diterima oleh 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan anggaran sebesar Rp45,12 triliun.  Sementara untu bulan Januari ini, total anggaran yang akan disalurkan adalah sebesar Rp3,76 trillun.

Baca Juga: Cara Daftar Bansos BST Rp300 ribu per KK, Bisa Online untuk Cek Penerima pakai KTP di Link Ini

Dilansir dari laman Kemensos, Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan, bantuan ini akan disalurkan melalui Bank Himbara dan agen yang ditunjuk mulai dari bulan Januari hingga Desember 2021.

“Program Sembako diserahkan dalam bentuk bantuan pangan non tunai hendaknya dibelanjakan di e-warung setempat untuk bahan makanan karbohidrrat, protein hewani, protein nabati, sumber vitamin dan mineral,’ kata Risma.

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah mendapat bantuan ini atau tidak bisa cek online daftar penerima  bansos BPNT atau bansos sembako menggunakan NIK KTP dengan cara sebagai berikut:

Baca Juga: Segera Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar Seleksi PPPK 2021: Kesempatan untuk Guru Honorer

  • Buka link https://dtks.kemensos.go.id/.
  • Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Agar mudah, pilih NIK.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.
  • Klik kata 'cari' lalu akan muncul data apakah kamu penerima bantuan  sosial bansos BPNT.

Bantuan ini diharapkan mampu meringankan beban rakyat di tengah pandemi dan juga dapat menggerakkan roda perekonomian sebagaimana mestinya.***

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Kemensos RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x