Bantuan Kartu Sembako BPNT Rp200 Ribu Cair Bulan Ini, Begini Cara Cek Penerima pakai KTP

- 1 Januari 2021, 10:49 WIB
Ilustrasi pengecekan online bantuan sembako Rp200 ribu.
Ilustrasi pengecekan online bantuan sembako Rp200 ribu. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY – Presiden, Joko Widodo telah menginstruksikan kepada Menteri Sosial dan Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan untuk dapat segera menyalurkan bantuan sosial bagi masarakat penerima manfaat di tahun 2021.

Pemberian bantuan ini diharapkan mampu memacu laju pertumbuhan ekonomi. Presiden juga meminta jajarannya untuk memastikan bahwa bantuan sosial ini disalurkan secara tepat sasaran. Pemerintah daerah pun harus dilibatkan dalam penyaluran bantuan ini.

Setidaknya terdapat tiga bantuan yang akan terus disalurkan oleh pemerintah pada tahun 2021 yaitu program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/ Program Kartu Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Baca Juga: Ramalan Zodiak Leo, Virgo, Libra, dan Scorpio Hari Ini 1 Januari 2021: Ada Kejutan Besar!

Seperti yang sudah dikatakan Menteri Sosial, Tri Rismaharini usai mengikuti Rapat Terbatas di Istana Negara pada Selasa, 29 Desember 2020, pada minggu pertama bulan Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM).

Bantuan Pangan Non Tunai atau Program Sembako akan menjangkau sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diseluruh Indonesia. Anggaran yang sudah disiapkan sebanyak Rp45,1 triliu disiapkan untuk program kartu sembako ini.

Melalui program ini, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan. Masyarakat dapat mengecek daftar penerima Bantuan Pangan Non-Tunai (BPBT) atau kartu sembako secara online mengunakan KTP dengan cara berikut.

Baca Juga: MU vs Aston Villa: Peluang Manchester United Memuncaki Klasemen Liga Inggris

  • Buka link https://dtks.kemnsos.go.id/
  • Pilih ID berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ketik ulang code Captcha yang sesuai dengan tampilan
  • Klik ‘cari’ lalu akan muncu data status penerimaan bantuan sembako atau BPNT ini

Menteri Sosial menambahkan bahwa untuk penyaluran bantuan sembako akan ada mekanisme yang diperbaharui sehinga pemerintah tidak hanya memberikan bantuan tapi ada pelaporan untuk penerima bantuan.

Penyaluran bantuan ini akan bekerja sama dengan PT Pos dan bank-bank Himabara. Penyaluran akan dilakukan pada bulan Januari 2021 ini.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x