Manfaat Clay Mask untuk Jenis Kulit Berminyak dan Berjerawat, Tampil Flawless dan Bebas Sebum

- 18 November 2020, 15:08 WIB
Ilustrasi masker.
Ilustrasi masker. /Pixabay/bridgesward

BERITA DIY - Dari berbagai jenis masker yang ada seperti peel-off mask, sheet mask, cream mask, clay mask, firming mask, sampai purifying mask dan exfoliate memiliki kegunaan dan manfaatnya sendiri-sendiri. Seperti clay mask, jenis masker yang cocok untuk kulit cenderung berminyak dan berjererawat.

Clay mask atau masker berbahan tanah liat di dunia kecantikan bukanlah hal baru. Sejak zaman nenek moyang tanah liat sudah digunakan sebagai salah satu bahan skincare, dan kini clay diolah dengan berbagai bahan racikan dan dikemas menarik.

Clay mask dinilai ampun untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori. Pori-pori terseumbat merupakan fakot utama timbulnya jerawat. Selain itu clay mask dianggap membantu proses detosofikasi dan regenerasi kulit.

Baca Juga: Sinopsis Aku Ingin Dicintai Hari Ini 18 November 2020 di ANTV, Hubungan Raffi dan Nanda Mulai Dekat

Ketahui manfaat clay mask untuk mengatasi permasalahan di kulit wajah

1. Membantu proses detoksifikasi
Clay atau tanah liat yang sifatnya perekat  bisa membantu kulit wajah untuk mengeluarkan segela jenis kotran atau racun yang menumpuk pada kulit wajah.
 
Pori-pori yang tersumbat karena debu, kotoran, polusi, dan asupan makanan yang kurang pas bisa terserap dan dinangkat oleh clay mask. Efeknya clay mask membantu proses detoksifikasi dan membuat wajah lebih segar.

2. Membantu regenerasi kulit
Kulit wajah yang terlihat mengriput dan kusut disebabkan karena jumlah kolagen diwajah sangat kurang. Clay mask bisa membantu meminimalisasi hal tersebut karena pada clay mask mengandung colagen.

Adanya colagen ini yang akan memberikan efek pada kulit menjadi terlihat lebih muda dan menyamarkan kerutan.

3. Mengurangi sebum
Sebum atau komponen kelenjar minyak menjadi salah satu penyebab jerawat di wajah. Kalau secara berkala sebum tidak dibersihkan, jerawat bisa tumbuh subur. Adanya clay mask bisa mengontrol produksi sebum yang berlebihan pada wajah.

Baca Juga: Sinopsis Aku Ingin Dicintai Hari Ini 18 November 2020 di ANTV, Hubungan Raffi dan Nanda Mulai Dekat

Inilah kenapa clay mask cocok digunakan untuk jenis kulit wajah yang cenderung berminyak dan berjerawat.

4. Menyamarkan pori
Pori-pori pada wajah mustahil untuk dihilangkan, yang bisa dilakukan adalah menyamarkannya. Clay mask bisa membantu untuk atasi permasalahan ini. Clay mask akan memberikan efek flawless pada wajah seolah tak nampak pori wajah yang muncul.

5. Menenangkan jerawat meradang
Ketika wajah sedang berjerawat menggunakan clay mask menjadi pilihan yang cocok. Clay mask akan membantu untuk menenangkan peradangan di titik jerawat karena mengangkat sebum yang tersumbat.

Clay mask juga memiliki sifat anti-peradangan sehingga bisa meredakan jerawat yang merah dan meradang.

Meski memiliki banyak manfaat, penggunaan clay mask harus tepat supaya semua manfaat yang dicari bisa didapatkan.

Baca Juga: Alasan Tak Lolos Banpres BPUM, Cek Syarat BLT dan Cara Daftar ke Kantor Ini Agar Bantuan UMKM Cair

Untuk kulit normal sebaiknya menggunakan jenis clay mask cukup satu minggu sekali, untuk kulit berminyak cukup dua kali seminggu. Sedangkan kulit kering disarankan dua kali dalam sebulan.

Selain itu, cukup gunakan clay mask 10-15 menit saja sekali pakai jangan menunggu sampai kering dan pecah, itu malah membuat kulit menjadi kering.

Jangan lupa gunakan toner dan pelembab setelah menggunakan clay mask, supaya kulit benar-benar ternutrisi.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah