Titik Tengah Pulau Jawa Di Mana, Simak Puser Bumi Pulau Jawa Beserta Sejarahnya

- 1 Juli 2024, 14:52 WIB
Titik tengah pulau jawa di mana, Puser Bumi Pulau Jawa, Gunung di Tengah Pulau Jawa TTS, Titik tengah Jawa Timur, Titik nol Jawa Timur.
Titik tengah pulau jawa di mana, Puser Bumi Pulau Jawa, Gunung di Tengah Pulau Jawa TTS, Titik tengah Jawa Timur, Titik nol Jawa Timur. /Instagram.com/ @rizkystone

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari titik tengah pulau jawa di mana, Puser Bumi Pulau Jawa, Gunung di Tengah Pulau Jawa TTS, Titik tengah Jawa Timur, Titik nol Jawa Timur.

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang dihuni oleh sekitar 15 juta jiwa.

Pulau ini memiliki berbagai keunikan, termasuk lokasi-lokasi geografis yang menarik. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah: di mana sebenarnya letak titik tengah Pulau Jawa?

Versi Pertama: Tugu Sepuser, Temanggung

Berdasarkan beberapa sumber, salah satu klaim tentang titik tengah Pulau Jawa berada di Tugu Sepuser, yang terletak di perbatasan Desa Soropadan dan Desa Kupen, Kecamatan Kaloran, Temanggung, Jawa Tengah.

Situs resmi milik Pemkab Temanggung menyebutkan bahwa seorang spiritualis bernama Ki Kusumo membenarkan klaim ini. Menurutnya, lokasi titik tengah Pulau Jawa tepatnya bergeser setengah meter dari Tugu Sepuser.

Tugu Sepuser sendiri sering disebut sebagai titik nol kilometer Pulau Jawa. Hal ini menjadikan Tugu Sepuser sebagai salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi mereka yang tertarik dengan sejarah dan geografi.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Hidden Valley Hills Purwakarta 2024, Ini Harga Penginapan Wisata Purwakarta Beli Traveloka

Versi Kedua: Wonokromo, Wonosobo

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah