Apakah Boleh Melaksanakan Puasa Syawal Digabung dengan Puasa Qadha Ramadan? Berikut Ini Penjelasannya

- 15 April 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi. Apakah boleh melaksanakan puasa Syawal digabung dengan puasa qadha Ramadan? berikut ini penjelasannya.
Ilustrasi. Apakah boleh melaksanakan puasa Syawal digabung dengan puasa qadha Ramadan? berikut ini penjelasannya. /Unsplash/ Masjid Pogung Dalangan

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi mengenai apakah boleh puasa syawal digabung dengan puasa qadha Ramadan beserta penjelasannya.

Jika kita mempunyai utang puasa baik utang puasa Ramadan atau puasa qadha Ramadan bisa kita bayar di luar bulan Ramadan, termasuk saat bulan Syawal. Namun apakah dibolehkan jika digabung dengan puasa Syawal? Berikut ini adalah penjelasannya.

Puasa Syawal merupakan puasa sunah yang dilaksanakan selama enam hari selama bulan Syawal. Puasa tersebut dimulai sejak satu hari setelah Idul Fitri.

Baca Juga: Niat Puasa Qadha untuk Membayar Hutang Puasa Ramadhan: Kewajiban dan Tata Caranya

Apabila seseorang masih memiliki utang puasa Ramadan sementara dirinya ingin mengerjakan puasa sunnah Syawal hal tersebut apakah diperbolehkan?

Apakah Puasa Syawal Bisa Digabung dengan Puasa Qadha Ramadhan?

Dilansir dari laman resmi Kemenag, ibadah puasa Syawal boleh jika digabung dengan puasa qadha Ramadan. Orang yang mengerjakan puasa qadha Ramadan pada bulan Syawal, tetap akan mendapatkan keutamaan seperti saat sedang melakukan puasa sunah Syawal.

Apabila mendahulukan qadha puasa Ramadan, maka terdapat kemungkinan seseorang tidak bisa melaksanakan puasa Syawal.

Oleh sebab itu, sebagian ulama berpendapat untuk menganjurkan bagi mereka untuk berpuasa enam hari di bulan Dzulqa'dah sebagai qadha pada puasa Syawal.

Baca Juga: Bacaan Niat Shalat Jamak dan Qadha Saat Mudik Lebaran, Ini Tata Cara dan Aturannya! 

Niat Puasa Syawal dan Puasa Qadha Ramadan

1. Niat Puasa Syawal

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x