Bacaan Niat Shalat Jamak dan Qadha Saat Mudik Lebaran, Ini Tata Cara dan Aturannya! 

- 22 Maret 2024, 13:10 WIB
Ilustrasi. Bacaan niat shalat jamak dan qadha pada saat mudik Lebaran. Simak di sini untuk tata cara dan aturannya!
Ilustrasi. Bacaan niat shalat jamak dan qadha pada saat mudik Lebaran. Simak di sini untuk tata cara dan aturannya! /Pexels.com/@Alena Darmel

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang bacaan niat Shalat jamak dan Qadha yang bisa dilakukan saat mudik lebaran lengkap dengan tata cara serta aturannya. 

Salah satu hal yang paling dinanti di penghujung bulan Ramadhan adalah Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa dikenal sebagai Hari Lebaran. 

Biasanya saat menjelang hari Lebaran, beberapa orang akan melaksanakan mudik ke kampung halaman untuk merayakan momen Idul Fitri bersama sanak saudara. 

Bagi yang menjalankan mudik dengan jarak yang jauh, terdapat sebuah keringanan dalam hal melaksanakan ibadah shalat. Karena, seperti yang kita tahu bahwa shalat merupakan rukun Islam kedua dan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Muslim yang sudah baligh. 

Baca Juga: Apakah Shalat Tarawih Membaca Doa Iftitah? Apa Setiap Rakaat Membaca? Kapan Dibaca saat Sholat? Ini Jawabannya

Dilansir dari NU Lampung Online, bagi umat muslim yang sedang berada di perjalanan baik dengan tujuan silaturahmi maupun pekerjaan. Seperti mudik ketika lebaran, ziarah wali songo, dan perjalanan wisata dari lembaga pendidikannya. 

Dimana saat sudah memasuki waktu shalat masih berada di dalam bus, pesawat, kereta atau kendaraan lainnya, maka Allah swt, memberikan dispensasi atau keringanan dalam fiqih yang disebut dengan rukhsah dengan melaksanakan shalat jamak maupun qashar. 

Merujuk dari website resmi Kementerian Agama RI, shalat jamak adalah melaksanakan dua shalat fardhu dalam satu waktu. Shalat yang boleh dijamak adalah shalat dhuhur dengan ashar dan maghrib dengan isya. 

Baca Juga: Shalat Sunnah Qobliyah dan Ba’diyah : Ini Fadhillah, Tata Cara, dan Dalil yang Harus Diketahui! 

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x