Apakah Malam Ini Shalat Tarawih Pertama 2024? Download PDF Jadwal Shalat Tarawih Muhammadiyah

- 10 Maret 2024, 13:24 WIB
Ilustrasi. Link download PDF shalat tarawih Ramadhan 2024 menurut Muhammadiyah, jadwal malam ini sholat tarawih pertama dan niat sholat tarawih.
Ilustrasi. Link download PDF shalat tarawih Ramadhan 2024 menurut Muhammadiyah, jadwal malam ini sholat tarawih pertama dan niat sholat tarawih. /UNSPLASH/Masjid Pogung Raya

BERITA DIY - Bulan Ramadhan, bulan yang dianggap suci bagi umat Islam di seluruh dunia, telah tiba. Bulan ini penuh dengan ibadah dan kebaikan, termasuk shalat tarawih yang merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan.

Kemudian, seringkali muncul pertanyaan, "Apakah malam ini merupakan malam pertama shalat tarawih tahun 2024?".

Sebelum memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut, mari kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan shalat tarawih. Shalat tarawih merupakan salah satu jenis shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadhan.

Shalat tarawih ini umumnya dilakukan setelah shalat Isya' dan terdiri dari 8 atau 20 rakaat, tergantung pada kebiasaan yang berlaku di masing-masing komunitas Muslim.

Baca Juga: CATAT! ini Bacaan Bilal dan Jawaban Jamaah saat Jeda Sholat Tarawih 11 Rakaat, Arab dan Latin

Sekarang, mari kita kembali ke pertanyaan utama kita. Menurut penanggalan Hijriyah, 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada tanggal 11 Maret 2024.

Oleh karena itu, shalat tarawih pertama untuk tahun 2024 menurut Muhammadiyah dapat dilakukan pada malam Senin, 11 Maret 2024. Mengingat bahwa hari ini adalah 10 Maret 2024, maka shalat tarawih pertama akan dimulai malam ini.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penentuan awal Ramadhan dapat bervariasi tergantung pada metode pengamatan hilal yang digunakan.

Oleh karenanya, sangat disarankan untuk selalu mengacu pada kalender Hijriyah resmi atau pengumuman dari otoritas agama setempat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x