Niat Puasa Qadha untuk Membayar Hutang Puasa Ramadhan: Kewajiban dan Tata Caranya

- 13 April 2024, 18:29 WIB
Ilustrasi - Bacaan niat puasa Qadha untuk membayar hutang puasa Ramadhan, bagaimana kewajiban dan tata cara melaksanakannya.
Ilustrasi - Bacaan niat puasa Qadha untuk membayar hutang puasa Ramadhan, bagaimana kewajiban dan tata cara melaksanakannya. /Pexels.com/@Alena Darmel

BERITA DIY - Berikut ini bacaan niat puasa Qadha untuk membayar hutang puasa Ramadhan, bagaimana kewajiban dan tata cara melaksanakannya, simak artikel ini.

Puasa Ramadan bulan suci yang penuh berkah bagi umat Islam, merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap individu yang mampu.

Namu terkadang, ada halangan yang membuat seseorang tidak dapat melaksanakan puasa Ramadan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Untuk itu, Allah SWT dengan penuh kebijaksanaan memberikan solusi melalui ibadah puasa qadha.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Syawal 6 Hari Lengkap Jadwal Puasa Sunnah Setelah Lebaran Idulfitri Dimulai Kapan

Puasa Qadha adalah kewajiban yang harus dilakukan untuk menggantikan puasa Ramadan yang terlewat.

Ini adalah ketetapan Allah SWT bagi mereka yang, meskipun mampu, terhalang oleh berbagai aktivitas tertentu. Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 184:

"Beberapa hari tertentu. Maka, siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, itu lebih baik baginya dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Puasa qadha dapat dilakukan di luar bulan Ramadan, mulai dari bulan Syawal hingga Syaban.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah