Bacaan Niat Puasa Syawal yang Bisa Dibaca Pagi Hari Beserta Tata Cara Puasa dan Keutamaannya! 

- 11 April 2024, 06:00 WIB
Ilusrasi puasa - Bacaan niat puasa Syawal yang bisa dibaca pada pagi hari lengkap dengan tata cara dan keutamaannya!
Ilusrasi puasa - Bacaan niat puasa Syawal yang bisa dibaca pada pagi hari lengkap dengan tata cara dan keutamaannya! /Freepik.com/freepik

BERITA DIY - Simak di sini untuk informasi tentang bacaan niat puasa Syawal yang bisa dibaca di pagi hari lengkap dengan tata cara dan keutamaanya!

Saat ini kita sudah memasuki bulan Syawal. Dimana sebagai umat Muslim disunnahkan untuk menjalani puasa selama 6 hari di bulan Syawal. 

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan setelah melakukan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan. Adapun batas akhir puasa Syawal, yakni sampai habis bulan Syawal atau 30 Syawal. Jika tidak berturut-turut pun tidak masalah. 

Baca Juga: Keutamaan Puasa Syawal: Sebaiknya Dilakukan Berapa Kali? Ini Penjelasan Tata Cara Ibadah

Puasa Syawal ini memiliki keutamaan seperti puasa selama satu tahun. Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW seperti berikut ini. 

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa satu tahun penuh” (HR. Imam Muslim). 

Keutamaan lain dari puasa Syawal ini adalah menyempurnakan ibadah. Apabila seseorang tersebut merasa kurang optimal saat berpuasa di Bulan Ramadhan yang lalu, maka bisa disempurnakan dengan menjalankan ibadah puasa sunnah Syawal. 

Baca Juga: Jadwal Puasa 2024 PDF: 1 Syawal Jatuh Tanggal Berapa dan Kapan Cuti Bersama Idul Fitri 1445 H

Meskipun dikerjakan di bulan Syawal, puasa sunnah dilarang dan haram hukumnya ketika dilakukan bertepatan dengan Idul Fitri. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat muslim yang artinya sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x