Punya Hutang Puasa Ramadhan, Apakah Boleh Menjalankan Puasa Syawal, Simak Penjelasannya!

- 12 April 2024, 16:20 WIB
Ilustrasi - Apabila mempunyai hutang puasa Ramadhan, apakah boleh menjalankan puasa Syawal? Simak penjelasannya di sini!
Ilustrasi - Apabila mempunyai hutang puasa Ramadhan, apakah boleh menjalankan puasa Syawal? Simak penjelasannya di sini! /Freepik.com/freepik

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang apakah diperbolehkan berpuasa syawal sedangkan masih mempunyai hutang puasa Ramadhan. 

Kita sudah memasuki bulan Syawal atau bulan setelah Ramadhan berakhir. Bulan Syawal sendiri memiliki banyak keutamaan dan keistimewaannya sendiri. 

Oleh karenanya itu banyak sekali yang berbondong-bondong mengumpulkan pahala dan amalan yang mulia di bulan Syawal ini. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Syawal. 

Memang pada dasarnya, puasa Syawal ini merupakan ibadah atau amalan sunnah yang tidak wajib dilakukan. Namun, apabila ibadah ini dijalankan maka pahala akan berlipat ganda. 

Baca Juga: Apa Boleh Qodho Puasa Ramadhan Niatnya Digabung dengan Puasa Sunnah Syawal, Ganti Puasa atau Syawal Dulu?

Pahala bagi orang yang melaksanakan puasa sunnah Syawal setelah berpuasa Ramadhan setara dengan berpuasa setahun lamanya, sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi.

Berbeda dengan puasa Ramadhan yang bersifat wajib bagi umat muslim. Puasa Syawal ini dilakukan selama 6 hari lamanya. 

Meskipun puasa Ramadhan itu wajib untuk seluruh umat Muslim, namun terdapat beberapa orang dalam kondisi tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa. Namun, orang-orang tersebut harus mengqadha atau mengganti di luar bulan Ramadhan sesuai jumlah puasa yang ditinggalkan kala itu.

Banyak pertanyaan yang muncul tentang apakah diperbolehkan masih mempunyai hutang puasa Ramadhan namun ingin menjalankan puasa Syawal? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah