Apa itu Microsleep yang Diduga Sering Jadi Penyebab Kecelakaan?, Ini Pengertian, Gejala, dan Tips Pencegahan!

- 12 April 2024, 13:15 WIB
Illustrasi - Apa itu microsleep yang sering menjadi penyebab kecelakaan? Simak di sini untuk pengertian, gejala, hingga tips untuk mencegah.
Illustrasi - Apa itu microsleep yang sering menjadi penyebab kecelakaan? Simak di sini untuk pengertian, gejala, hingga tips untuk mencegah. /Pexels/Marcus Aurelius

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang pengertian microsleep yang diduga sering menjadi penyebab kecelakaan saat berkendara. Cek di sini untuk kenali gejala dan tips pencegahan yang bisa dilakukan. 

Seperti yang kita tahu, bahwa Kamis, 11 April 2024 kemarin terdengar berita duka lantaran terjadinya kecelakaan bus Rosalia Indah. 

Kecelakaan ini terjadi di Km 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Awalnya bus tersebut membawa penumpang dari Bekasi ke tujuan Jawa Timur. 

Namun nahas, kecelakaan terjadi dan menewaskan 7 orang penumpang. Kecelakaan ini diduga lantaran sopir mengantuk dan kelelahan. Sang sopir tersebut juga diduga mengalami microsleep. 

Banyak yang bertanya tentang sebenarnya apa itu microsleep baik itu gejala dan tips mengatasinya. Oleh karena itu simak penjelasan lengkapnya! 

Baca Juga: Apa Itu Anemia Aplastik, Penyakit yang Sempat Diderita Babe Cabita, Cek Gejala dan Penyebabnya

Pengertian Microsleep 

Dilansir dari website resmi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, microsleep merupakan suatu kejadian hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk, pada umumnya kejadian microsleep berlangsung sekitar sepersekian detik hingga 10 detik penuh.

Namun, durasi microsleep dapat bertambah lama jika seseorang benar-benar memasuki waktu tidur.

Microsleep bisa terjadi dalam beberapa episode yang berdekatan, saat seseorang mencoba dan gagal untuk tetap terjaga. Seringkali dalam microsleep, otak membalik dengan cepat antara tertidur dan terjaga. 

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x