Apa Itu Anemia Aplastik, Penyakit yang Sempat Diderita Babe Cabita, Cek Gejala dan Penyebabnya

- 9 April 2024, 10:32 WIB
Ilustrasi - Pengertian dan penjelasan anemia aplastik, gejala, dan penyebabnya, penyakit yang pernah diderita oleh komika, Babe Cabita.
Ilustrasi - Pengertian dan penjelasan anemia aplastik, gejala, dan penyebabnya, penyakit yang pernah diderita oleh komika, Babe Cabita. /Pexels/Andrea Piacquadio/

BERITA DIY - Apa itu anemia aplastik? Penyakit yang sempat diderita Babe Cabita. Ketahui gejala dan penyebabnya.

Penyakit anemia aplastik sedang menjadi perbincangan di dunia maya, menyusul meninggalnya komika Babe Cabita.

Babe Cabita meninggal dunia pada Selasa, 9 April 2024 dan diketahui pernah mengidap Anemia Aplastik. Namun, penyebab meninggalnya komika juara SUCI 3 2013 ini belum diketahui secara pasti.

Lantas, apa itu anemia aplastik? Simak penjelasan, gejala, dan penyebab selengkapnya.

Baca Juga: Profil Babe Cabita, Komika yang Meninggal Dunia Hari Ini

Pengertian Anemia Aplastik

Mengutip dari Mayo Klinik (mayoclinic.org), anemia aplastik adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda berhenti memproduksi cukup sel darah baru. Kondisi ini membuat Anda lelah dan lebih rentan terhadap infeksi serta pendarahan yang tidak terkontrol.

Penyakit ini cukup langka dan dapat berkembang pada usia berapa pun. Anemia aplastik bisa terjadi secara tiba-tiba, atau bisa juga terjadi secara perlahan dan memburuk seiring berjalannya waktu.

Perawatan untuk anemia aplastik mungkin termasuk obat-obatan, transfusi darah atau transplantasi sel induk, yang juga dikenal sebagai transplantasi sumsum tulang.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x