Cara Bayar Zakat Fitrah Online Lewat Baznas di baznas.go.id/bayarzakat

- 30 Maret 2024, 13:09 WIB
Berikut ini cara bayar zakat fitrah online lewat Baznas di situs baznas.go.id/bayarzakat dan aturan bayarnya.
Berikut ini cara bayar zakat fitrah online lewat Baznas di situs baznas.go.id/bayarzakat dan aturan bayarnya. /baznas.jogjakota.go.id

BERITA DIY - Pada saat bulan Ramadan, terdapat satu amalan yang tak boleh luput untuk dikerjakan oleh umat Islam yakni membayar zakat fitrah. Di Indonesia, terdapat tempat untuk membayar zakat yakni BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional).

Kini, seiring berkembangnya zaman, pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan secara online. Ketahui cara bayar zakat fitrah online lewat Baznas di situs baznas.go.id/bayarzakat.

Zakat fitrah adalah kewajiban bagi umat Islam yang dibayarkan saat bulan Ramadan sebelum Idul Fitri.

Merujuk dari laman BAZNAS, zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan jelang Idul Fitri.

Baca Juga: Bacaan Doa Menerima Zakat Fitrah Bahasa Arab, Latin, Lengkap dengan Terjemahannya 

Zakat yang masuk ke dalam rukun Islam merupakan bentuk kepedulian terhadapoi orang yang kurang mampu. Tujuan dari zakat adalah masyarakat yang kurang beruntung tersebut juga dapat merayakan Idul Fitri dengan rezeki yang cukup.

Aturan Bayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib ditunaikan setiap muslim, dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Idul Fitri. Besaran zakat fitrah adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Selain dengan beras, zakat fitrah juga dapat ditunaikan dalam bentuk uang tunai yang setara dengan 1 sha' gandum, kurma atau beras. Nominal zakat fitrah dalam bentuk uang harus menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x