Niat Zakat Fitrah, Doa Orang yang Memberi dan Orang yang Menerima, Kapan Batas Terakhir Membayar Zakat Fitrah?

- 20 April 2023, 08:46 WIB
Ilustrasi - Bacaan niat zakat fitrah Arab dan latin, doa orang yang memberi dan orang yang menerima, cek kapan batas terakhir membayar zakat fitrah.
Ilustrasi - Bacaan niat zakat fitrah Arab dan latin, doa orang yang memberi dan orang yang menerima, cek kapan batas terakhir membayar zakat fitrah. /Freepik/jcomp

BERITA DIY - Simak bacaan niat zakat fitrah Arab dan latin, doa orang yang memberi dan orang yang menerima, cek kapan batas terakhir membayar zakat fitrah.

Bagi setiap muslim, membayar zakat fitral adalah suatu kewajiban pada bulan Ramadhan. Kemudian akan ada aturan ukuran dan batas waktu pembayarannya.

Ketahui bacaan niat zakat fitrah Arab dan latin, bagaimana doa orang yang memberi dan orang yang menerima, dan kapan batas terakhir membayar zakat fitrah di sini.

Setiap muslim maupun muslimah harus membayar zakat dengan ukuran 2,5 kg atau 3,5 liter beras atau makanan pokok. Namun, zakat fitrah juga dapat dibayarkan dalam bentuk uang tunai yang besarnya setara dengan 1 sha' gandum, kurma, atau beras.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Orang Tua, Keluarga Lengkap: Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Dilansir dari laman Baznas Kota Yogyakarta pada 11 Agustus 2012, ada perbedaan mengenai kapan batas waktu terakhir membayar zakat fitrah menurut para ulama.

Menurut ulama Hanafiyah, tidak ada batas awal maupun akhir dalam pembayaran zakat fitrah, boleh dibayarkan sebelum 1 Syawal, bahkan sebelum masuk Ramadhan. Zakat ini harus tetap dibayarkan meski sudah lewat 1 Syawal.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x