Kapan Waktu yang Tepat untuk Bayar Zakat Fitrah? Lengkap Doa Niat Bayar Zakat Diri Sendiri

- 25 Maret 2024, 15:40 WIB
Ilustrasi. Ketahui kapan waktu yang tepat bagi umat muslim untuk bayar zakat fitrah sebelum Lebaran Hari Raya Idul Fitri.
Ilustrasi. Ketahui kapan waktu yang tepat bagi umat muslim untuk bayar zakat fitrah sebelum Lebaran Hari Raya Idul Fitri. /Freepik.com/freepik

BERITADIY - Simak informasi terkait kapan waktu yang tepat bagi umat muslim untuk bayar zakat fitrah.

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalankan setiap muslim pada bulan Ramadhan. Hal ini merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Zakat fitrah juga memiliki waktu-waktu yang bisa ditunaikan. Kapan sebaiknya zakat fitrah dibayarkan?

Mengutip dari Baznas Kota Yogyakarta, waktu untuk membayar zakat dibagi menjadi 3, sebelum Hari Raya Idul Fitri, setelah terbenamnya matahari pada malam takbir, sebelum matahari terbit pada Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah, Doa Orang yang Memberi dan Orang yang Menerima, Kapan Batas Terakhir Membayar Zakat Fitrah?

Waktu yang paling utama menunaikan zakat fitrah adalah sebelum hari raya idul Fitri tiba:

Sejalan dengan hadis dari Abu Hurairah yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW mewajibkan zakat fitrah untuk dibayar sebelum shalat idul fitri.

Setelah Terbenamnya Matahari Pada Malam Takbiran

Jika sebelum Hari Raya belum bisa melakukan zakat fitrah, maka waktu yang utama selanjutnya adalah setelah terbenamnya matahari pada malam takbiran.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah