Jumat Agung Pakai Baju Apa? Cek Jadwal Ibadat di Gereja Kotabaru dan Ganjuran Yogyakarta

- 29 Maret 2024, 11:00 WIB
Jumat Agung pakai baju apa lengkap jadwal ibadat di Gereja Kotabaru dan Ganjuran Yogyakarta.
Jumat Agung pakai baju apa lengkap jadwal ibadat di Gereja Kotabaru dan Ganjuran Yogyakarta. /PIXABAY/geralt/

BERITA DIY - Simak informasi Jumat Agung pakai baju apa lengkap dengan jadwal ibadat di Gereja Kotabaru dan Ganjuran Yogyakarta, berlangsung berapa lama di sini.

Hari ini Jumat, 29 Maret 2024, Umat Kristiani memperingati Wafat Yesus Kristus atau yang juga dikenal dengan Hari Raya Jumat Agung.

Jumat Agung memiliki makna yang mendalam bagi Gereja Katolik, karena pada hari ini pula satu-satunya hari di mana tidak ada misa atau perayaan ekaristi.

Sebagai rangkaian tri hari suci atau tri hari paskah, pada Jumat Agung gereja katolik hanya akna menggelar ibadat saja sebagai bentuk berkabung atas Wafat Yesus Kristus.

Baca Juga: Download Template Jumat Agung Lengkap Quotes Good Friday dan Ayat Alkitab, Cocok Bagikan ke Sosmed

Meski demikian, tetap banyak masyarakat yang bertanya-tanya apa baju yang dipakai saat ibadat Jumat Agung di Gereja. Mengenai hal tersebut, berikut penjelasan dari Gereja Katolik.

Perlu diingat bahwa Gereja Katolik tidak pernah menetapkan warna atau jenis baju tertentu untuk dipakai saat perayaan ekaristi. Umat diperbolehkan menggunakan pakaian apapun dengan catatan rapi, bersih dan sopan.

Adapun untuk warna baju yang ditetapkan oleh gereja adalah berkaitan dengan warna liturgi yang akan digunakan oleh petugas liturgi seperti misdinar, lektor, prodiakon termasuk pula jubah yang dikenakan oleh romo atau imam.

Maka untuk ibadat Jumat Agung hari ini, umat Katolik boleh menggunakan atau pakai baju apaun dengan catatan rapi, bersih dan sopan.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x