Warna Liturgi yang Benar pada Hari Raya Jumat Agung Adalah Apa? Cek Penjelasan Gereja Katolik Ini

- 28 Maret 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi. Warna liturgi yang benar pada hari raya Jumat Agung.
Ilustrasi. Warna liturgi yang benar pada hari raya Jumat Agung. /Tangkap layar YouTube.com/Komsos Katedral Jakarta

BERITA DIY - Ketahui penjelasan Gereja Katolik tentang warna liturgi yang benar pada hari raya Jumat Agung adalah apa lengkap dengan aturan penggunaan apakah umat juga wajib menggunakan di sini.

Jelang perayaan Tri Hari Suci atau Tri Hari Paskah Gereja Katolik, banyak beredar informasi yang tak jarang membuat bingung umat. Termasuk informasi mengenai aturan pakaian yang dikenakan.

Setiap tahun, informasi penggunaan warna tertentu saat perayaan ekaristi atau misa Tri Hari Suci sering kali beredar. Beberapa umat juga masih menerapkannya.

Namun umat Gereja Katolik perlu mengetahui bagaimana penggunaan warna liturgi dan warna liturgi apa yang benar digunakan saat Hari Raya Jumat Agung.

Baca Juga: Jadwal Misa Paskah 28-29 Maret 2024 di Gereja Katedral Jakarta dan Gereja Katolik Kotabaru Jogja

Mengenal Warna Liturgi Gereja Katolik

Dilansir dari laman resmi Gereja St. Yusup Ambarawa, dijelaskan bahwa warna liturgi dalam gereja Katolik memiliki makna dan arti yang berbeda.

Setiap warna liturgi ini juga sudah ditetapkan gereja dalam kalender liturgi serta tidak dapat diubah sendiri atau secara sembarangan.

Warna liturgi ini biasanya terdapat pada pakaian para petugas liturgi mulai dari imam, lektor, misdinar dan prodiakon serta pada kain yang digunakan yntuk menutupi meja pada altar maupun panti imam.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x