Kalender Liturgi Desember 2023 Lengkap di Masa Advent dan Warna Liturgi saat Hari Raya Natal

- 13 Desember 2023, 15:03 WIB
Ilustrasi - Informasi kalender Liturgi Desember 2023 lengkap di masa Advent dan warga liturgi saat Hari Raya Natal.
Ilustrasi - Informasi kalender Liturgi Desember 2023 lengkap di masa Advent dan warga liturgi saat Hari Raya Natal. /PIXABAY/@tigerlily

BERITA DIY - Simak informasi kalender Liturgi Desember 2023 lengkap di masa Advent dan warga liturgi saat Hari Raya Natal.

Ketahui, kalender Liturgi merupakan siklus masa liturgi di gereja yang menentukan kapan hari-hari raya dan hari-hari peringatan.

Kalender ini juga menentukan hari-hari peringatan orang kudus, harus dirayakan serta nas-nas mana saja dari Kitab Suci yang harus dibacakan pada hari-hari besar tersebut.

Kalender Liturgi dan kalender Masehi memiliki perbedaan, yang paling mencolok adalah awal tahun dan akhir tahun.

Baca Juga: Kalender Liturgi Katolik Minggu 3 Desember 2023 Lengkap PDF Masa Adven I Tahun B

Tahun Masehi diawali tanggal 1 Januari dan diakhiri 31 Desember. Sedangkan, kalender Liturgi berawal pada hari Minggu Adven I dan berakhir pada Hari Raya Yesus Kristus Raja Semesta Alam.

Tahun liturgi dibagi menjadi tiga bagian utama. Pertama, masa Natal periode yang dimulai dari sore menjelang Hari Raya Natal sampai dengan hari Minggu setelah Hari Raya Penampakan Tuhan. 

Kedua, masa Paskah yang merupakan masa sukacita yang berlangsung selama 50 hari. Masa Paskah dimulai dari hari Minggu Paskah hingga hari Minggu Pentakosta. 

Ketiga, masa biasa yang merupakan masa 34 minggu dalam lingkaran tahun liturgi di luar masa Natal dan Paskah. Masa Biasa dimulai pada Senin setelah Hari Raya Penampakan Tuhan hingga Selasa sebelum Rabu Abu.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x