Bacaan Niat Sholat Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan 2024 Berapa Rakaat? Tata Cara Sholat Malam

- 25 Maret 2024, 19:21 WIB
Ilustrasi. Bacaan niat sholat lailatul qadar teks Arab, latin, dan Arti di bulan Ramadhan 2024 berapa rakaat? tata cara sholat malam seribu bulan.
Ilustrasi. Bacaan niat sholat lailatul qadar teks Arab, latin, dan Arti di bulan Ramadhan 2024 berapa rakaat? tata cara sholat malam seribu bulan. /Pixabay/ Sharon Ang

BERITA DIY - Bacaan niat sholat lailatul qadar di bulan Ramadhan 2024 berapa rakaat? tata cara sholat malam tersedia di sini.

Saat bulan Ramadhan 2024, banyak umat muslim berbondong-bondong memperbanyak ibadah, salah satunya sholat lailatul qadar.

Seperti diketahui, sholat lailatul qadar hanya dapat dilaksanakan pada malam hari di bulan Ramadhan.

Lailatul qadar sendiri merupakan salah satu malam yang penuh dengan keistimewaan, olah karena itu dianjurkan untuk melaksanakan sholat malam pada waktu itu.

Baca Juga: Kapan Malam Lailatul Qadar 2024 dan Doa Qdar di Hari Ganjil Ramadhan

Di dalam Al Quran Surat Al Qadar ayat 1-5 dijelaskan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. al-Qadr [97]: 1-5)

Oleh karena itu, dalam kitab Durratun Nasihin fil Wa'Zhi wal Irsyad karangan Syekh Utsman Al Khaulbawi, pada malam lailatul qadar dianjurkan untuk melaksankan sholat malam karena memiliki banyak keutamaan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x