Pengumuman KPU Hasil Pemilu dan Pilpres 2024 Diumumkan Hari Ini, Jam Berapa? Siapa Capres yang Menang?

- 20 Maret 2024, 11:22 WIB
Ilustrasi/ Pengumuman KPU hasil Pemilu dan Pilpres 2024 akan diumumkan hari Ini. Diumumkan jam berapa? Siapa capres yang menang? Simak di sini.
Ilustrasi/ Pengumuman KPU hasil Pemilu dan Pilpres 2024 akan diumumkan hari Ini. Diumumkan jam berapa? Siapa capres yang menang? Simak di sini. /Pikiran Rakyat

BERITA DIY - Pengumuman KPU hasil Pemilu dan Pilpres 2024 diumumkan hari Ini. Diumumkan jam berapa? Siapa capres yang menang? Simak info lengkapnya di sini.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil Pemilu 2024 pada hari ini, Rabu, 20 Maret 2024.

Diumumkannya hasil Pemilu termasuk Pilpres 2024 pada hari ini, sudah sesuai UU Pemilu yang mewajibkan penetapan hasil pemilu nasional 35 hari setelah pencoblosan. Namun untuk jam berapa hasil pemilu akan diumumkan, tidak diketahui pasti.

Pada pagi ini, dua provinsi terakhir mulai dirampungkan rekapitulasui tingkat nasional yakni Papua dan Papua Pegunungan.

Baca Juga: Hasil Pemilu 2024 Diumumkan Jam Berapa Oleh KPU Hari Ini? Ini Link Live Streaming

"Setelah itu, setelah semua provinsi selesai rekapitulasi, kemudian kita siapkan berita acara dan nanti kita siapkan Keputusan KPU tentang penetapan hasil pemilu secara nasional atau tingkat nasional," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada Selasa, 19 Maret 2024.

Hasyim menambahkan, penetapan hasil pemilu tingkat nasional hari ini mencakup semua jenis pemilu yakni hasil pileg DPRD kabupaten/kota pada 508 kabupaten/kota, hasil pileg DPRD provinsi pada 38 provinsi, hasil pileg DPD RI, hasil pileg DPR RI, dan hasil pilpres.

Keputusan ini nantinya dapat digunakan oleh peserta pemilu yang merasa tidak puas untuk dijadikan objek gugatan sengketa/perselisihan.

Jadwal lengkap Pemilu 2024

Baca Juga: Bolehkah Alibaba Cloud Digunakan KPU di Pemilu 2024? Ini Penjelasan Kominfo

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x