Bolehkah Alibaba Cloud Digunakan KPU di Pemilu 2024? Ini Penjelasan Kominfo

- 19 Maret 2024, 18:30 WIB
Ketahui apa itu Alibaba Cloud yang digunakan KPU di Pemilu 2024 dan bagaimana penjelasan Kominfo tentang izin perusahaan China tersebut.
Ketahui apa itu Alibaba Cloud yang digunakan KPU di Pemilu 2024 dan bagaimana penjelasan Kominfo tentang izin perusahaan China tersebut. /Tangkap layar teknologi.id

BERITA DIY - Ketahui apa itu Alibaba Cloud yang digunakan KPU di Pemilu 2024 dan bagaimana penjelasan Kominfo.

Akhir-akhir ini, banyak perbincangan di kalangan masyarakat Indonesia mengenai Alibaba Cloud dan hubungannya dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Pemilu 2024.

Alibaba Cloud, yang juga dikenal sebagai Aliyun, merupakan perusahaan komputasi awan yang merupakan bagian dari Alibaba Group.

Alibaba Cloud menawarkan layanan komputasi awan untuk bisnis online dan ekosistem e-commerce Alibaba sendiri. Operasional internasionalnya terdaftar dan berkantor pusat di Singapura.

Baca Juga: Apa Itu iPhone HDC? Ini Kekurangan dan Kelebihan iPhone HDC, Kenali Ciri-Cirinya agar Tidak Salah Beli

Alibaba Cloud menyediakan layanan cloud yang dapat diakses dengan sistem pay-as-you-go, yang mencakup komputasi elastis, penyimpanan data, basis data relasional, pemrosesan data besar, perlindungan anti-DDoS, dan jaringan pengiriman konten (CDN).

KPU mengakui bahwa mereka telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud, perusahaan teknologi terkemuka asal Cina, dalam hal penyimpanan server.

Pengakuan ini terungkap dalam persidangan sengketa informasi yang melibatkan Yayasan Advokasi Hak Konstitusional Indonesia (Yakin), sebuah LSM yang berfokus pada masalah hukum.

Keputusan KPU untuk menggunakan server dari Alibaba telah menuai kritikan dari berbagai pihak, termasuk Perludem yang mempertanyakan alasan di balik pemilihan cloud Alibaba tersebut.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x