Apa itu Tarhib Ramadhan 2024? Ini Pengertian dan Berbagai Persiapan yang Dianjurkan dalam Islam 

- 7 Maret 2024, 15:27 WIB
Apa itu tarhib Ramadhan 2024? Simak di sini untuk pengertian serta persiapan yang dianjurkan dalam Islam untuk menyambut bulan suci Ramadhan.
Apa itu tarhib Ramadhan 2024? Simak di sini untuk pengertian serta persiapan yang dianjurkan dalam Islam untuk menyambut bulan suci Ramadhan. /Pixabay/ Shafin Al Asad Protic

BERITA DIY - Simak informasi tentang apa itu tarhib Ramadhan 2024 dari mulai pengertian, asal-usul, dan berbagai persiapan yang dianjurkan dalam Islam. 

Umat muslim sebentar lagi akan menyambut bulan Ramadhan pada tahun 2024 ini. Salah satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu lantaran berbagai hal istimewa ada di dalamnya. 

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa lantaran penuh berkah. Tak ayal, umat muslim berbondong-bondong melaksanakan amalan mulia untuk meningkatkan ibadah kepada Sang Pencipta. 

Biasanya, sebelum bulan Ramadhan ini datang, berbagai persiapan dilakukan oleh muslim. Salah satunya adalah tradisi Tarhib. 

Baca Juga: Doa Nyadran dalam Islam, Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan 2024 Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Kata tarhib berasal dari bahasa Arab ra-hi-ba, yarhabu, rahbun yang berarti luas, lapang, dan lebar. Kata tersebut lalu berubah menjadi fi’il rahhaba, yurahhibu, tarhiban yang memiliki arti menyambut, menerima dengan penuh kelapangan, kelebaran dan keterbukaan hati.

Oleh karenanya, sesuai dengan maknanya, tarhib Ramadhan memiliki arti menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita, penuh persiapan, dan hati yang bersih. 

Tarhib Ramadhan merupakan apa yang kita lakukan untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini dengan hal-hal yang bernilai pahala. 

Baca Juga: Khutbah Jumat NU Terbaru Menjelang Ramadhan, Teks Singkat Lengkap dengan Doa

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x