Doa Nyadran dalam Islam, Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan 2024 Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

- 7 Maret 2024, 14:41 WIB
Ilustrasi. Info doa Nyadran dalam Islam atau ziarah kubur menjelang Ramadhan 2024.
Ilustrasi. Info doa Nyadran dalam Islam atau ziarah kubur menjelang Ramadhan 2024. /Tangkap layar instagram.com/@pasarpapringan

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai doa Nyadran dalam Islam atau ziarah kubur menjelang Ramadhan 2024, lengkap dengan teks Arab, latin,dan artinya.

Masyarakat Indonesia memiliki tradisi Nyadran, yakni ziarah kubur atau nyekar serta memperingati leluhur atau saudara yang telah meninggal.

Tradisi Nyadran atau yang dikenal dengan ziarah kubur ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan doa untuk mereka yang telah tiada.

Ziarah kubur merupakan anjuran dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Beliau menyampaikan bahwa ziarah kubur dapat menumbuhkan kelembutan hati, mengalirkan air mata, serta mengingatkan akan akhirat.

Baca Juga: Apa Saja Tradisi di Indonesia untuk Menyambut Puasa Ramadhan Ada Nyadran hingga Munggahan

Dalam sebuah hadis, Rasulullah menyatakan perubahan sikap terhadap ziarah kubur, dari melarang menjadi menganjurkan. Ia menekankan pentingnya ziarah kubur sebagai pelajaran bagi kehidupan.

Saat melakukan tradisi Nyadran atau ziarah kubur, terdapat berbagai doa dan dzikir yang bisa dilantunkan.

Doa dan dzikir tersebut melambangkan penghormatan, pengingatan akan kematian, dan harapan untuk keberkahan di akhirat.

Ada beberapa doa dan dzikir yang bisa dilantunkan saat melakukan tradisi Nyadran atau ziarah kubur di bulan Sya'ban atau menjelang Ramadhan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x