Cara Cek Real Count KPU di Pemilu 2024, Simak di Sini Link dan Cara Melihatnya di pemilu2024.kpu.go.id

- 15 Februari 2024, 11:20 WIB
Cara cek real count KPU di Pemilu 2024. Simak di sini untuk link dan cara melihatnya secara lengkap.
Cara cek real count KPU di Pemilu 2024. Simak di sini untuk link dan cara melihatnya secara lengkap. /Tangkap layar website/pemilu2024.kpu.go.id

BERITA DIY - Pemungutan suara sudah selesai dilakukan. Tahap selanjutnya adalah rekapitulasi atau perhitungan suara. Bagaimana cara untuk cek real count KPU di Pemilu 2024 ini? Simak di sini untuk link cek dan tata cara melihatnya! 

Pada tanggal 14 Februari 2024 kemarin, masyarakat Indonesia telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif. 

Tahap selanjutnya dari pemungutan suara adalah perhitungan. Tahap ini juga bisa dipantau oleh masyarakat. Perhitungan suara atau real count ini dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Masyarakat juga bisa memantau hasil perhitungan suara lewat quick count yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei yang ada di Indonesia, tentunya sudah terdaftar di KPU. 

Baca Juga: 5 Link Live Streaming Hasil Pilpres Quick Count Perhitungan Suara Pemilu 2024, Mulai Jam Berapa?

Terdapat salah satu perbedaan penting antara quick count dan real count yakni, hasil dari quick count masih bersifat sementara dan bukan hasil yang resmi dan bisa dikatakan masih hasil prediksi. 

Bagi yang bertanya mengapa demikian?, karena pada dasarnya, quick count ini dilakukan oleh lembaga survei yang kemungkinan besar tidak menggunakan seluruh data dari TPS di seluruh Indonesia. 

Sedangkan, untuk real count sendiri akan menjadi hasil final dan resmi karena perhitungan ini dilakukan langsung oleh KPU. Biasanya, real count ini memerlukan waktu yang lebih lama daripada quick count. 

Hal ini dikarenakan real count sendiri adalah perhitungan keseluruhan surat suara dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia. 

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x